Penerapan Model Prototype pada Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Lingkungan Hidup Berbasis Web

  • Maryanah Safitri STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kristina Maulidia Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lutfhi Indriyani Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: prototype, Sistem Informasi, Penerimaan Karyawan

Abstract

Proses sistem penerimaan karyawan laboratorium pada PT. Kehatilab Indonesia masih menggunakan cara konvensioanl dimana pengiriman berkas lamaran dilakukan secara langsung, pengisian psikotes dan formulir isian interview dengan menggunakan alat tulis, selanjutnya menilai lalu memilih karyawan untuk melanjutkan interview. Hal tersebut dapat dinilai kurang efektif karena banyaknya lamaran pekerjaan yang masuk namun tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan perusahaan, semakin banyaknya calon karyawan yang menyerahkan lamaran maka akan menimbulkan bertumpuknya berkas lamaran, dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memilih berkas lamaran karyawan yang akan mengikuti seleksi. Selain itu, perusahaan sering kali mendapatkan karyawan yang tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan sebuah perancangan sistem informasi penerimaan karyawan berbasis web dengan model prototype dan teknik pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka dan wawancara. Sehingga dengan adanya sistem berbasis web ini didapatkan hasil standar karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta memantu bagian personalia dalam mendapatkan karyawan baru secara cepat

References

A S, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Azizah, N., Yuliana, L., & Juliana, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Harian Lepas Pada PT. Flex Indonesia. Strategic of Education In Information System, 3(1), 14–21.

Ishak, R. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Profile Maching dan Analytical Hierachy Process Pada PT . Sunny Collection. Jurnal Perspektif, XV(2).

Ismanto, E., & Effendi, N. (2017). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 03(01), 1–9. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/208

Jannah, R., & Lusiana. (2015). Aplikasi Penerimaan Karyawan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1, 79–89. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/110

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10.

Puspitasari, R. A., Mukzam, M. D., & Iqbal, M. (2014). Analisis Metode Dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Dan Seleksi Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Bermutu ( Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kota Malang ). Jurnal Adminstrasi Bisnis, 9(2).

Rahayu, S., Azizah, N., & Ferlyawan, R. (2018). Implementasi Sistem Informasi Pada E-Recrument Calon Karyawan. Strategic of Education In Information System, 4(2), 141–152.

Rosadi, & Taufik, G. (2019). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pada Yayasan Kasih Suwitno Berbasis Web. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 35–43. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/529

Safitri, M. (2017). Sistem Aplikasi Uji Kompetensi Penerimaan Karyawan Berbasis Web. Information Management For Educators And Profesionals, 1(2), 125–134.

Siagian, Y. (2018). Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 65–70.

Published
2020-06-26