Aplikasi Penerimaan Karyawan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory

  • Riadhil Jannah Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Lusiana - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: Aplikasi, Penerimaan Karyawan, Multi-Attribute Utility Theory

Abstract

Penerimaan karyawan, bila dikelola secara profesional akan menentukan mutu dan kesuksesan dalam memperoleh karyawan sesuai dengan requirement yang telah ditetapkan. Setiap calon karyawan (pelamar) akan mengikuti serangkaian tes, salah satunya adalah ujian tertulis. Namun sayang, pelaksanaan ujian tertulis selama ini masih dilakukan secara konvensional, calon karyawan menulis jawaban di lembar jawaban yang sudah disedikan tim seleksi. Hal ini yang menyebabkan Tim seleksi (i.e. Personalia), kesulitan dalam melakukan koreksi dan proses penilaian memakan waktu yang lama. Selanjutnya Pelamar tidak bisa mengetahui hasil ujian tertulis yang sudah mereka ikuti dan status kelulusannya. Keputusan akhir, apakah calon karyawan itu diterima (lulus) atau tidak juga masih berdasarkan perkiraan dari pimpinan saja. Ini yang menjadi alasan kenapa aplikasi penerimaan karyawan yang komputerisasi sangat diperlukan. Metode yang digunakan adalah Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Pengolahan nilai dengan menggunakan metode MAUT akan menghasilkan hasil akhir dengan rangking tertinggi. Aplikasi ini akan di uji coba pada STIKes Hang Tuah Pekanbaru dan didiharapkan dapat membantu dan mempermudah tim seleksi dalam penerimaan karyawan. Selanjutnya pelamar juga dapat mengetahui dengan cepat tentang status kelulusannya yang sesuai dengan posisi lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia.

References

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta : Andi.

Kadir, Abdul, 2008, Dasar Pemograman web Dinamis menggunakan PHP, Andi, Yogyakarta.

Kristanto, Andri, 2003, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Edisi Pertama, Gava Media, Yogyakarta.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta : Andi.

S, Rosa A, dan M, Shalahuddin (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

STIkes Hang Tuah Pekanbaru, 2013.

Puspitasari, Nia Budi, dkk, “Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Model MAUT (Multi Attribute Utility Theory) (Studi Kasus Pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta)â€, Jati Undip, Vol. VIII, No 3, September 2013.

M Gusdha, Eka Andrita, dkk, “Sistem Promosi Jabatan Karyawan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) (Studi Kasus pada PT. Ginsa Inti Pratama)â€, Universitas Indonesia, 2010.

Wasiat, Fanny, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pelamar Kerja Di Pt Gizindo Primanusantara Dengan Mengunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (Ahp) Dan Multi-Attribute Utility Theory (Maut)â€, 2010.

Schaefer, 2012, Multi Attribute Utility Theory,

http://digilib.tes.telkomuniversity.ac.id/metode-multiattribute-utility-theory-maut, 29 Maret 2015.