Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan pada Yayasan Kasih Suwitno Berbasis Web

  • Rosadi Rosadi STMIK Nusa Mandiri
  • Ghofar Taufik Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Kinerja, Karyawan, Penilaian, Supervisor

Abstract

Sistem penilaian kinerja karyawan merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan, dalam mengetahui perkembnagan kinerja karyawan perusahaan. Penilaian kinerja yang dilakukan secara manual menjadi permasalahan tersendiri bagi sebuah perusahaan. Hal ini juga dialami Yayasan Kasih Suwitno, dimana penilaian kinerja karyawan masih menggunakan cara  manual. Staf yang akan melakukan penilaian kepada rekan sejawat dan menyerahkan hasil penilaian ke supervisor yang kemudian dievaluasi dan dan ditambahkan penilaian oleh supervisor, masih menggunakan kertas. Hal ini menyebabkan pengiriman data dan penilaian menjadi lebih lama dan sering terjadi kesalahan dalam proses perhitungan nilai rata-rata hasil penilaian. Selain itu, hasil penilaian karyawan tidak dapat dilihat setiap periodenya. Dengan adanya sistem penilaian kinerja karyawan berbasis web, yang dikembangkan dengan model pengembangan sistem Waterfall dan bahasa pemerograman PHP (Hipertext Prepocessor), maka penilaian dan pengiriman data hasil penilaian akan lebih cepat dikirim ke supervisor maupun ke pihak pusat. Selain itu juga perkembangan kinerja karyawan dapat dilihat dalam tiap periode.

Author Biographies

Rosadi Rosadi, STMIK Nusa Mandiri
Sistem Informasi
Ghofar Taufik, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi Akuntansi

References

A.S, R., & M.salahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Agung, D., Sulistiowati, R., Lemantara, J., Vol, J., & Tahun, N. (2016). ISSN 2338-137X Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Pegawai Berdasarkan Metode Graphic Rating Scale Pada Rumah Sakit PHC Surabaya ISSN 2338-137X, 06(7), 1–7.

Andini, S., & Arif, M. F. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUSAT PELATIHAN DAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA SENTRA PENDIDIKAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PADANG BERBASIS WEB ISSN:2086-4981, 10(1), 40–52.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. (B. Seda, Ed.) (Catakan Ke). Jakarta: PT. Buku Seru.

Kurniawan, J. A., Sulistiowati, & Mastan, I. A. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SCORING SYSTEM PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR ISSN 2338-137X, 5(5), 1–8.

Magai, A., Winarno, W. W., Nasiri, A., Ring, J., Utara, R., Catur, C., … Indonesia, Y. (2018). Analisis Efisiensi Sistem Informasi Kinerja Pegawai Berbasis Komputer Pada Dinas Pariwisata Di Kabupaten Sleman Yogyakarta, XIII(November), 24–33.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika.

Safitri, K., & Waruwu, F. T. (2017). BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIEARARCHY PROCESS ( Studi Kasus : PT . Capella Dinamik Nusantara Takengon ), 1(1), 17–21.

Published
2019-12-01
How to Cite
Rosadi, R., & Taufik, G. (2019). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan pada Yayasan Kasih Suwitno Berbasis Web. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 34-43. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.529