Perancangan Strategi IT Untuk Industri Pendidikan Dalam Melakukan Remote Works Melalui IT Balanced Scorecard

  • Roy Manaek Universitas Pradita
  • Glenny Chudra Universitas Pradita
  • Alfa Yohannis Universitas Pradita
Keywords: Strategi IT IT Balanced Scorecard Industri Pendidikan Remote Works

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah cara bekerja hampir diseluruh industri khususnya industri pendidikan, dikarenakan pandemi ini pembelajaran dilakukan secara hibrid, dan dalam jaringan. Setelah pandemi COVID-19 ternyata banyak sekolah maupun universitas yang menetapkan pembelajaran hibrid dan dalam jaringan. Pembelajaran yang dilakukan secara hibrid ataupun dalam jaringan ternyata walaupun mempunyai banyak kelebihan akan tetapi mempunyai banyak tantangan dan kerugian seperti kurangnya interaksi antara murid dan pengjar, murid jadi tidak fokus dan konsentrasinya mudah teralihkan. Dalam mengatasi tantangan ini diperlukan perencanaan jangka panjang khususnya perencaaan dan strategi IT yaitu dengan meggunakan IT Balanced ScoreCard (IT-BSC). IT-BSC  merupakan pendekatan yang bagus dikarenakan kerangka kerja ini memastikan perencanaan merata dalam 4 area utama yaitu pelanggan, keuangan, proses internal, dan pembelajaran dan pertumbunhan. Melalui pembagian 4 area yang merata ini diharapkan strategi IT dalam industri penddikan dapat merealsasi keberhasilan dan menutupi serta menghindari kekurangan dalam industri pendidikan ketika menjalani pembelajaran secara hibdrid dan pembelajaran dalam jaringan (daring). Nantinya hasil akhir dari jurnal ini adalah pembuatan strategi IT yang diambil dari kekurangan dalam melakukan remote work, IT Strategi ini dibuat menggunakan IT Balanced Scorecard agar strategi dapat merata keempat area dan dapat diimplementasikan untuk jangka waktu yang panjang.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Akmal Jannah, M., & Santaria, R. (2020). Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 di Tengah Covid-19. 1–12.

Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

FAWZIAH, S. A., & Irwansyah, I. (2020). Telecommuting/Teleworking – Work From Home – Sebagai Solusi Efektif Mobilisasi Kerja. Jurnal Infortech, 2(1), 69–77. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7941

Hakim, M. F. Al. (2021). Peran guru dan orang tua: tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/

Lobo, M. A. A. (2019). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan It Balanced Scorecard Studi Kasus PT Satya Mitra Sejahtera. Uksw.Edu, September, 8. http://repository.radenfatah.ac.id/14933/2/2 BAB I.pdf

Mungkasa, O. (2022). Antisipasi Dampak Bekerja Jarak Jauh (telecommuting) Pasca Pandemi COVID 19 terhadap Pengembangan Perkotaan Indonesia. Researchgate.Net, May. https://www.researchgate.net/profile/OswarMungkasa/publication/360513504.

Riza Akhsani Setyo Prayoga, & Asep Syahrul Mubarok. (2021). Perancangan Strategi E-Commerce untuk Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Kafe XYZ Surabaya). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 142–151. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.747

Salsabila, U. H., Ramadhan, N. F., Putri, M. E., Nurjannah, N., & Jayanti, G. D. (2020). Penggunaan Tehnologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Tingkat SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 341–360. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.37

Wijaya, R. (2012). Analisis Model IT Menggunakan Balanced Scorecard Untuk Pengembangan Sistem Teknologi Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 1–10. http://cls.maranatha.edu/khusus/ojs/index.php/jurnal-sistem-informasi/article/view/470

Published
2023-12-01
How to Cite
Manaek, R., Glenny Chudra, & Alfa Yohannis. (2023). Perancangan Strategi IT Untuk Industri Pendidikan Dalam Melakukan Remote Works Melalui IT Balanced Scorecard. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 24-34. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.999