Desain Robot Pemotong Rumput Dengan Perintah Suara Berbasis Android

  • Jhonson Efendi Hutagalung AMIK ROYAL KISARAN
  • Dahriansah - AMIK ROYAL KISARAN
Keywords: Arduino, Relay, Bluetooth, Robot

Abstract

Penulis berkeingin membuat suatu desain sebagai lanjutan dari prototype dari robot pemotong rumput ini. Sehingga desain ini nantinya sebagai awal dari pembuatan proyek jadi sistem, sehingga alat dapat bekerja dengan proses yang diinginkan. Sistem ini bertujuan untuk menghubungkan komunikasi antara robot beroda dengan smartphone melalui media komunikasi bluetooth. Dari hasil pengujian, penulis berhasil mengaplikasikan teknologi bluetooth pada robot beroda dengan memberikan instruksi seperti maju, mundur, berhenti, belok kanan, belok kiri, dan berhenti. Disinilah mikrokontroler memiliki memory sendiri, serta proses-proses yang dapat berdiri sendiri, sehingga ketika dihubungkan dengan input dan output yang lain, penulis juga dapat mengontrol alat tersebut.

   


Robot ini digunakan untuk memotong rumput dengan lahan yang luas sehingga tidak perlu lagi dikerjakan oleh banyak cukup dengan dua atau tiga orang secara bergantian mengerjakan pemotongan rumput dalam hal pembukaan lahan baru. Robot dikendalikan dengan Android, untuk mengerakkan motor dc tersebut, serta menggunakan driver motor agar robot dapat bergerak sesuai dengan perintah yang tersimpan di dalam program.

Penelitian ini telah berhasil dan nantinya akan dikembangkann kearah yang lebih baik dengan alat yang nyata dengan kapasitas besar.

Author Biography

Jhonson Efendi Hutagalung, AMIK ROYAL KISARAN
eltro tecnic

References

Dr. M. Narayana. (2014). Voice Control Robot using Android Aplication. International Journal Of Enggineering Innovation & Research .Vol. 4. Issue 2 ISSN: 2277- 5668 Tes Kemampuan Fisik Atlet. Jurnal Informatika Volume 2 Nomor 2.

Davis F. Sumajouw. (2015). Perancangan Sistem Keamanan Rumah Tinggal Terkendali Jarak Jauh. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, ISSN : 2301-8402.

Devid Prastyawan. (2012). Implementasi Model Robot Edukasi Menggunakan Mikrokontroler Atmega8 Untuk Robot Pemadam. Apijns– Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302- 5700.

Fanny Andreas, dkk. (2015). Rancang Bangun Sistem Kontrol dan Pemonitororan Lampu Rumah dengan Android. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan.

M. Dwisnanto Putra. (2017). Robot Pintar Penyambut Costumer pada Pusat Perbelanjaan Kota Manado. Jurnal Rekayasa Elektrika. Terakreditasi

Published
2019-06-01
How to Cite
Hutagalung, J. E., & -, D. (2019). Desain Robot Pemotong Rumput Dengan Perintah Suara Berbasis Android. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(1), 102-109. https://doi.org/10.33372/stn.v5i1.461