Perancangan Aplikasi Berbasis Client Server dalam Mengupload File-File Ujian pada Laboratorium Komputer STMIk Amik Riau

  • rometdo muzawi STMIK-Amik Riau
  • Rahmaddeni - STMIK-Amik Riau
  • Agustin - STMIK Amik Riau
Keywords: Aplikasi, Client Server, File Ujian, Upload.

Abstract

Client-server  merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak yaitu pihak client dan pihak server. Dalam model clien-server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen client dan komponen server. Berdasarkan teknik client-server dirancanglah sebuah aplikasi yang dapat berinterasi dengan pengguna dalam proses penguplodan file-file ujian yang diberikan oleh dosen baik untuk program studi Teknik Informatika maupun program studi Manajemen Informatika. Aplikasi yang dirancang menggunakan pemrograman PHP dan database MySQL pada server. Hasil yang diberikan berupa aplikasi dengan teknik client-server yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan pihak laboran. yang mencakup keperluan dalam hal penguploadan file-file ujian mahasiswa. Simpulan yang diberikan dalam penelitian ini secara umum dapat mengefesiensi waktu dari pihak mahasiswa dalam proses penguplodan file ujian dan pihak laboran dalam proses pembuatan laporan.

References

Yuliansyah, H. (2014). Perancangan Replikasi Basis Data Mysql Dengan. Informatika, 8(1), 826–836.

Firman, A., Wowor, H. F., Najoan, X., Teknik, J., Fakultas, E., & Unsrat, T. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2), 1–8.

Idmayanti, R. (2014). Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis Mobile Client Server. TEKNOIF, 2(2),

Imam chairul arifin, a. T. (2016). Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Berbasis Client Server Smartphone Android Dan Komputer. Informatika, 3(1), 1–6.

Published
2017-06-22
How to Cite
muzawi, rometdo, -, R., & -, A. (2017). Perancangan Aplikasi Berbasis Client Server dalam Mengupload File-File Ujian pada Laboratorium Komputer STMIk Amik Riau. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 10-14. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.210