Workshop Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 Bagi Guru-guru di SMKS Amal Ikhlas
Abstract
Masalah pembelajaran sering menjadi alasan guru-guru tidak maksimal memberikan materi di kelas. Seperti guru lagi rapat, dinas luar kota dan sebagainya menjadi halangan guru menyampaikan materi di sekolah bahkan siswa berkeliaran dan rebut dikelas. Diperlukan media bagi guru untuk tetap menyampaikan materi walau dalam kondisi apapun. Pembelajaran revolusi industry 4.0 salah satu cara untuk menghadapi tantangan dunia teknologi pada bidang pendidikan melalui media pembelajaran. Media yang digunakan berbasis online seperti google classroom. Diperlukan workshop untuk meningkatkan kualitas guru-guru dalam menghadapi pembelajaran revolusi industry 4.0. dengan tujuan meningkatkan pengetahuan guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam dan luar sekolah.
References
Banuprasetyo, U. T. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. 5, 22–27. Https://Doi.Org/10.12962/J23546026.Y2018i5.4417
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8, 261–272. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap/Article/View/8242/4081
Efendi, Y., Lusiana, L., Muzawi, R., Yanti, R., & Imardi, S. (2021). Workshop E-Learning Google Classroom Dan Video Pembelajaran Pada Smp N 35 Pekanbaru. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 82–89. Https://Doi.Org/10.37478/Mahajana.V2i1.789
Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Google Classroom ( Smk Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru ). Prosiding Seminar Nasional Computation Technology And Its Aplication, 1(1), 1–4. Https://Ejurnal.Umri.Ac.Id/Index.Php/Ctia/Article/View/1822
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa Dan Revolusi Industri 4.0. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i1.38
Hisyam Surya, Euis Ismayati, Achmad Imam, T. R. (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Hisyam Surya Su ’ Uga Euis Ismayati , Achmad Imam Agung , Tri Rijanto. 09 (3).
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal, 2(1), 50–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30605/2615-7667.211
Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135.
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. Https://Webcache.Googleusercontent.Com/Search?Q=Cache:Ss_Jkm_R2taj:Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslemlit/Article/Download/8256/4767+&Cd=2&Hl=Id&Ct=Clnk&Gl=Id
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 533–538. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjl/Article/View/29099
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|Jiituj|, 4(2), 163–173. Https://Doi.Org/10.22437/Jiituj.V4i2.11605
Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, Fuad, E., Unik, M., Mukhtar, H., & Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1), 17–20. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/331703602%0aoptimalisasi
Copyright (c) 2022 Yoyon Efendi, Lusiana, Rometdo Muzawi , Unang Rio, Wirta Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.