Aplikasi Panduan dan Pembayaran Tiket Masuk Mendaki Gunung Menggunakan Metodologi Sistem Multimedia Luther-Sutopo

Eka Purnama Harahap, Untung Rahardja, Muhammad Salamuddin

Abstract


Pada kegiatan mendaki gunung memiliki tata cara dan aturan tersendiri. Dari Ilmu dasar, jalur hingga masalah pembayaran dan harga tiket masuk pun wajib diketahui oleh pendaki dalam sebuah pendakian gunung seharusnya sudah diketahui dan dipahami oleh pendaki sebelum melakukan kegiatan mendaki gunung. Namun nyatanya masih banyak pendaki tidak mengetahui ilmu dasar mendaki dan biaya tiket masuk gunung di setiap gunung karena terbatasnya informasi yang didapatkan. Dengan menggunakan pemengembangan mulitimedia saat ini salah satunya, metode pengembangan sistem multimedia oleh luther-sutopo. Tujuan adanya metode pengembagan tersebut diharapkan sebagai media interaksi memandu dan memperlancar para pendaki dengan mudah. Android digunakan sebagai platform pada ponsel, tujuannya mudah dioperasikan oleh pendaki serta dapat dibawa di alam bebas. Maka platform android diperlukan untuk membangun aplikasi ini dengan menggunakan bahasa Java memanfaatkan software NetBeans IDE 8.2 yang dapat diakses melalui mobile device. Aplikasi panduan dan pembayaran tiket masuk gunung ini terdapat fasilitas yang dapat memandu dan memperlancar kegiatan pendaki hanya dengan mengakses dari mobile androidnya.

Keywords


mendaki gunung, android, multimedia, mobile device

Full Text:

Download PDF

References


ALAM, W. K. (2015). Aplikasi Informasi Jalur Menuju Gunung di Jawa Tengah Berbasis Android. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Alamsyah, S. (2017). Tiga Pendaki Hilang di Gunung Salak, Basarnas Temukan Kejanggalan, https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3782862/tiga-pendaki-hilang-di-gunung-salak-basarnas-temukan-kejanggalan, diakses tgl 7 Agustus 2018.

Anjani, D., Rahardja, U., & Harahap, E. P. (2018). Pemanfaatan Rinfogroup Sebagai Media Diskusi Dan Penilaian Keaktifan Mahasiswa. Sisfotenika, 8(1), 81-92.

Aryani, D., Aini, Q., & Armansyah, F. S. (2017). Perancangan Android Package Mobile Web pada Sistem Penilaian di Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 7(2), 155-166.

Jordan, R. 2017. Anthina, Pendaki Asal Jakarta Tewas Tertimpa Batu Gunung Semeru. https://news.detik.com/berita/3500255/anthina-pendaki-asal-jakarta-tewas-tertimpa-batu-gunung-semeru, diakses tgl 7 Agustus 2018.

Juliany, I. K., Salamuddin, M., & Dewi, Y. K. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web. Semnasteknomedia Online, 6(1), 2-10.

Khoirunisa, A., Rahardja., & U., Aini, Q. (2017). Implementasi Business Intelligence Menggunakan Highchart pada Sistem Penilaian Absensi berbasis YII Framework. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 9(2), 115-124.

Mukminin, R. S., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Panduan Mendaki Gunung Menggunakan Metodologi Sistem Multimedia Luther-Sutopo. Jurnal Algoritma, 12(1).

Pertiwi, D. H., & Syahrul, Y. (2017). Motion Graphic Masjid Agung Palembang sebagai Media Promosi Pariwisata Kota Palembang. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 9(3), 167-179.

Thalia, M. B., Rahardja., & U., Aini, Q. (2018). Penerapan Menu Konfirmasi Pembayaran Online Berbasis Yii pada Perguruan Tinggi. Creative Information Technology Journal, 4(3), 174-185.

Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2), 38-51.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 4-1.

Jannah, R. (2015). Aplikasi Penerimaan Karyawan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 1(2), 79-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.33372/stn.v4i2.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter