Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Wildan Suharso

Abstract


Karakteristik manajemen proyek perangkat lunak adalah biaya yang mahal, waktu terbatas dan minimnya transparansi pada semua pemangku kepentingan, Perencanaan yang baik perlu diimbangi dengan pelaksanaan yang sesuai karena banyak dari proyek yang gagal karena kurangnya perencanaan. Metode Scrum dapat membantu semua pemangku kepentingan dalam memahami proyek sehingga hasil dari proyek sesuai dengan perencanaan. Pada penelitian ini dilakukan penerapan metode scrum pada aplikasi manajemen proyek perangkat lunak untuk membantu tim dalam memahami proyek. Pada penelitian ini scrum tidak hanya sebagai model untuk pengembangan perangkat lunak tetapi diimplementasikan pada aplikasi sehingga manajer proyek, master scrum dan tim pengembang dapat secara mudah mengontrol task. Algoritma CoCoMo digunakan untuk mengestimasi biaya proyek, Pengujian menggunakan pengujian fungsional dan skenario yang menjelaskan permasalahan. Hasil yang diperoleh adalah aplikasi dapat membantu manajer proyek, master scrum, dan tim pengembang dalam hal manajemen proyek perangkat lunak. Hasil pengujian estimasi biaya yang dilakukan menunjukkan nilai estimasi tidak melebihi 7% dari nilai real dan estimasi waktu real lebih efisien 40% dari waktu CoCoMo.

Keywords


Information System, Project manajement, Scrum, CoCoMo

Full Text:

Download PDF

References


Ali, E. Susandri. Rahmaddeni (2015). Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk Solusi Kompleksitas Manajemen Data dan Informasi di Perguruan Tinggi. SATIN Sains dan Teknologi Informasi, 1(1), 63-68.

Azdy, R.A. Azhari, S. N. (2015). Implementasi Scrum Pada Pengembangan Software Terdistribusi. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 2).

Duncan. W. R. (1996). A guide to the Project Management body of knowledge - PMBoK. 1st ed. PMI Standards Committee, Upper Daryby, 1996.

Krisnanda, M. (2015). 11. Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pembangunan Situs Harga Komoditas. Jurnal Sistem Informasi, 9(2).

Mann, C., & Maurer, F. (2005). A case study on the impact of scrum on overtime and customer satisfaction. In Agile Conference, 2005. Proceedings (pp. 70-79). IEEE.

Munir. (2015). Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Bandung: UPI Press.

Partogi, J. (2015). Manajemen Modern dengan Scrum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Permana, P. A. G. (2015). Scrum method implementation in a software development project management. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 6(9), 198-204.

Suharso, W. Widyanto, A.N.S. Sari, Z. (2018). Sistem Informasi Pelaporan Pada UPTD Pendidikan. Jurnal Instek, 3(1), 101-110.

Syamsiah Ali, E., & Pudjo, D. (2014). Analisis Penerapan Network Planning Dalam Upaya Efisiensi Biaya dan Waktu Pada Penyelesaian Proyek Pengembangan Gedung RSD dr. Soebandi Jember.

Thamhain, H. J., & Wilemon, D. L. (1986). Criteria for controlling projects according to plan. Project Management Institute. Softw. Eng. Inst., no. October, pp. 75–81.

Putra, F.F.A.H., Kusumo, D. S. (2011). Analisa Perbandingan dan Implementasi Metode Scrum Terhadap Metode Waterfall, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.33372/stn.v4i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter