Aplikasi Menentukan Karakter Peserta Didik Menggunakan Teori Myers Briggs Type Indicator

Muhammad Fatroni, Erlin -

Abstract


Guru  bimbingan  konseling  (BK)  memiliki  tugas
untuk membantu agar  peserta didik  dapat berkembang
secara  mandiri,  dan  membantu  peserta  didik  tersebut
menyelesaikan  masalah  yang  sedang  dihadapi  baik
dibidang akademik maupun non akademik.  Akan tetapi
permasalahan  peserta  didik  tersebut  tidak  semuanya
dapat  diselesaikan  dengan  baik  oleh  guru  bimbingan
konseling  karena  beragamnya  masalah  yang
ditangani. Selanjutnya berbagai solusi yang diberikan
juga  tidak  didasari  pada  pendekatan  penyelesaian
masalah  berdasarkan  karakter  peserta  didik  karena
sulitnya  membaca  karakter  peserta  didik  tersebut.
Sebuah  aplikasi  untuk  menentukan  karakter  peserta
didik  secara otomatis dirancang dengan menggunakan
teori Myers Briggs Type Indicator. Teori Myers Briggs
Type  Indicator adalah psikotest yang dirancang untuk
mengukur  preferensi  seseorang  dalam  melihat  dunia
dan  mengambil  suatu  keputusan.  Aplikasi  ini  dapat
digunakan oleh guru bimbingan konseling sebagai alat
bantu  dalam  memberikan  layanan  bimbingan  kepada
peserta  didik  sehingga  bisa  memberikan  solusi  yang
terbaik  terhadap  masalah  yang  ditangani  oleh  guru
BK berdasarkan pendekatan karakter peserta didik

Keywords


Aplikasi, Karakter Peserta Didik, Teori Myers Briggs Type Indicator

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Langeveld, M.J. 1980. Pedagogik teoritis-sistematis,

Bandung, Jemmars.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta, Rajawali Press.

MBTI basics, The Myers-Briggs Foundation. 2015, Akses 28

November 2015. Link : http://www.myersbriggs.org/my-mbtipersonality-type/mbti-basics/

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). 2015. Akses 28

November 2015. Link :

https://www.cpp.com/products/mbti/index.aspx

Mengetahui Potensi Diri dengan Tet MBTI. 2015.

Akses 28 November 2015. Link :

http://woleducation.com/mengetahui-potensi-diridengan-tes-mbti-2/




DOI: http://dx.doi.org/10.33372/stn.v1i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter