Implementasi Metode Forward Chaining untuk Menentukan Kenaikan Level pada Game Finding Selais

  • Reny Marissa Jurusan Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Erlin - Jurusan Teknik Informatika, STMIK Amik Riau

Abstract

Game adalah media hiburan yang kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menghilangkan kejenuhan atas rutinitas sehari-hari. Perkembangan zaman sekarang ini mengakibatkan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan permainan terbatas, sehingga bermain game diperangkat elektronik menjadi pilihan utama bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu, tempat dan lawan bermain game. Namun disisi lain masih banyak game yang mengandung kekerasan dan kurang mendidik serta sedikitnya game yang mengangkat karakteristik wilayah setempat. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game yang mengangkat karakteristik daerah Riau dengan ikan selais sebagai maskot dari game yang dinamai Finding Selais. Game finding selais yang bertipe adventure games dengan level up system ini merupakan implementasi konsep Artificial Intelligence, khusunya metode forward chaining yang dimanfaatkan untuk menentukan kenaikan level. Game yang diaplikasikan pada platform desktop (Windows) ini hanya dapat dimainkan oleh seorang player pada sekali permainan. Untuk menghindari rintangan dan memakan hewan laut lainnya, player dapat melakukannya dengan menekan tombol Up dan Down pada keyboard. Level Up pada sistem ini menitik beratkan pada ikan selais yang harus menyelesaikan perjalanannya hingga menemui kumpulan ikan selais lainnya. Game finding selais juga menggunakan game desain dokumen sebagai cetak biru yang kemudian menjadi panduan bagi penulis dalam proses pengembangan game tersebut.

References

Putra, Y.S, M. Aziz Muslim, Agus Naba. “Game Chicken Roll dengan Menggunakan Metode Forward Chainingâ€. Jurnal EECCIS Vol. 7 No. 1, 2013.

Zainuddin. “Merancang dan Membuat Program Permainan Quad dengan Metode Forward Chainingâ€. Skripsi STIKOM Surabaya, 2011.

Estrada, Andhika Hendra. “Metode Implementasi Pohon N-Ary dalam Artificial Intelligence Game Studi Kasus: Minimax pada Tic Tac Toeâ€. Makalah pada Program Studi Teknik Informatika ITB, Bandung.

Andiansyah, Verdian. “Analisi Perancangan Game Desain Dokumen dan Daset Grafis dalam Pembuatan Game Otak Atik†Skripsi STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2014.

Kusumadewi, Sri. “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)â€, Graha Ilmu, 2003.

Adam, Ernest. “Fundamentals of Game Designâ€, Second Edition. Barkeley, CA: New Riders, 2010.

Nugroho, Eko. “ Game Designer, Mitos atau Sungguhan?â€, link http://tekno.kompas.com/read/2013/02/25/09282582/game.designer.mitos.atau.sungguhan, diakses tanggal: 10 Agustus 2014.

Published
2016-06-23