Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah (Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru)
Abstract
Abstrak
Seiring berkembangnya teknologi saat ini, tentunya ini sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mencari informasi. Dalam mencari informasi terkait sekolah yang akan dituju, biasanya calon siswa akan mendatangi langsung sekolah yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi terkait syarat pendaftaran untuk masuk ke sekolah tersebut. Informasi tersebut biasanya didapat dari madding sekolah, brosur, staff guru, dan lainnya. Pada penelitian ini, chatbot digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi SMK Dwi Sejahtera. Chatbot adalah system layanan informasi yang berfungsi untuk memberikan kebutuhan informasi pada system layanan service. System Chatbot yang digunakan adalah system chatbot berbasis text. Dengan menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). AIML digunakan untuk memberikan jawaban yang relevan yang sesuai dengan pola kalimat yang telah ditemukan dalam Bahasa manusia agar tidak terjadi kesalahan saat user berinteraksi dengan bot. system ini dibangun dengan tujuan agar siswa baru yang ingin mendaftar atau hanya sekedar ingin memperoleh informasi di SMK Dwi Sejahtera kemudahan dalam berinteraksi langsung dengan bot di kolom chat tanpa harus datang menemui staff yang bersangkutan.
Abstract
Along with the development of technology today, of course, this is very easy for the public to find information. In looking for information related to the school to be targeted, usually prospective students will go directly to the school concerned to get information related to the registration requirements for admission to the school. This information is usually obtained from school madding, brochures, teacher staff, and others. In this study, chatbots were used to meet the information needs of SMK Dwi Sejahtera. Chatbot is an information service system that functions to provide information needs in the service system. The Chatbot system used is a text-based chatbot system. By using Artificial Intelligence Markup Language (AIML). AIML is used to provide relevant answers that match the sentence patterns that have been found in human language so that no errors occur when the user interacts with the bot. This system was built with the aim that new students who want to register or just want to get information at SMK Dwi Sejahtera are easy to interact directly with bots in the chat column without having to come to see the staff concerned.
References
2. Christianto, D., #2, S., & Chaniago, R. (n.d.). Penggunaan Named Entity Recognition dan Artificial Intelligence Markup Language untuk Penerapan Chatbot Berbasis Teks. Jurnal Telematika, 10(2).
3. Costaner, L., Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning, P., & Yos Sudarso, J. K. (n.d.). Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML). https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.5049ICCS
4. Dwi, A. R., Imamah, F., Mei Andre, Y. S., Ilmu Komputer, F., Mercu Buana Jalan Menteng Raya No, U., & Sirih, K. (2018). APLIKASI CHATBOT (MILKI BOT) YANG TERINTEGRASI DENGAN WEB CMS UNTUK CUSTOMER SERVICE PADA UKM MINSU. http://www.infodanpengertian.com/pengertian-
5. Nila, E., & Afrianto, I. (2015). RANCANG BANGUN APLIKASI CHATBOT INFORMASI OBJEK WISATA KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 49(1). www.bandungtourism.com.
6. Novi Aryani Fitri, & Ismaulidia Nurvembrianty. (2021). Midwife Virtual Menggunakan Aplikasi Pelayanan Chatbot Polita Sebagai Media Untuk Informasi Imunisasi. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.33372/stn.v7i1.678
7. Ramadhani, R. Z., Rusdianto, H., & Yahya, V. (n.d.). OTOMOTIF AL HUSNA TANGERANG. www.ellislab.com
8. Ranoliya, B. R., Raghuwanshi, N., & Singh, S. (2017). Chatbot for university related FAQs. 2017 International Conference on Advances in Computing, Communications and Informatics, ICACCI 2017, 2017-January, 1525–1530. https://doi.org/10.1109/ICACCI.2017.8126057
9. Zuraiyah, T. A., Utami, D. K., & Herlambang, D. (2019). IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 24(2), 91–101. https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i2.2388
Copyright (c) 2022 Zaki Mubarok Mubarok's Families (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.