Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori

  • Ahmat Adil Universitas Bumigora
  • Ni Wayan Yuli Ariyanti Universitas Bumigora
  • Bambang Krismono Triwijoyo Universitas Bumigora
Keywords: Data Mining, Association Rule Apriori Minimum Support, Minimum Confidence Lift Ratio

Abstract

Dalam persaingan dunia usaha, perusahaan yang bergerak dibidang jasa memerlukan inovasi untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanngan. Peruhasahaan yang menyediakan berbagai jenis produk, memerlukan  pengetahuan dengan menggunakan algorithma apriori untuk mengidentifikasi produk yang disediakan mana yang  paling diminati atau kurang diminati supaya dapat mengatur persediaan stok produk.  Output yang didapat berupa hitungan  sebagai batasan minimum support 35% dan minimum confidence 65% menghasilkan 7 aturan data transaksi penjualan (contoh kasus tahun 2019). Dengan contoh berikut yaitu  dalam penerapan kasus yaitu suatu rules yang terbentuk konsumen dengan pembelian susu senilai support 36,66% dan nilai confidence 96,15% dengan lift ratio 1,09, karena  membeli tisu dan diapers, hal ini menunjukan adanya  relasi yang sangat kuat antara item atau adanya hubungan yang positif, yang pada akhirnyadiberikan rekomendasi  kepada manajemen bahwa pola pembelian konsumen ditentukan persediaan stok produk.

References

Abdurrahman, G. (2017). Analisis Aturan Asosiasi Data Transaksi Supermarket Menggunakan Algoritma Apriori. Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, 2(2), 100–111.

Ariani, F., & Taufik, A. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi Data Mining Untuk. 16(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V6i2.666

Astika, D. (2017). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera. Astika, D., Studi, P., Informatika, T., & Malikussaleh, U. (N.D.). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera., Vol. 6 No.

Elisa, E. (2018). Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 472–478. Https://Doi.Org/10.29207/Resti.V2i2.280

Erwin, E. (2009). Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori Dan Fp-Growth. Jurnal Generic, 4(2), 79297.

Fiska, R. R. (2017). Penerapan Teknik Data Mining Dengan Metode Support Vector Machine. Sains Dan Teknologi Informasi (Satin), 3(1).

Henando, L. (2019). Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Analisa Perbandingan Data Penjualan Leptop Berdasarkan Merk Yang Diminati Konsumen (Studi Kasus : Indocomputer Payakumbuh). J-Click, 6(2), 201–207.

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701. Https://Doi.Org/10.24176/Simet.V7i2.784implementasi Algoritma Aprior. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701.

Nursikuwagus, A., Teknik, F., Studi, P., Informasi, S., Indonesia, U. K., Hartono, T., Teknik, F., Studi, P., Informasi, S., & Indonesia, U. K. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. 7(2), 701–706.

Rismanto, R., Darmawan, L., & Prasetyo, A. (2017). Penerapan Algoritma Apriori Dalam. 04(02), 97–102.

Rismanto, R., Darmawan, L., & Prasetyo, A. (2019). Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian Konsumen Di Kafe Hidden Toast And Float. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 4(2), 83–88. Https://Doi.Org/10.25047/Jtit.V4i2.64

Shimada, S., 島田荘司, & Nugraheny, D. (2015). Mitarai Kiyoshi To Shinshindo Kohi. Compiler, 1(1), 17–30. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/236144/Implementasi-Data-Mining-Menggunakan-Metode-Apriori-Pada-Transaksi-Penjualan-Bar

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi (Jtk), Vol 4, No.(September), 1–4.

Zakaria, O. (2012). Implementasi Data Mining Menggunakan Aturan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Terhadap Penyusunan Layout Makanan Pada Rumah Makan Padang “Murah Meriah.” Teknik Informatika, 66, 37–39.

Published
2021-12-15
How to Cite
Adil, A., Ni Wayan Yuli Ariyanti, & Bambang Krismono Triwijoyo. (2021). Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 82-91. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.779