Prototype Sistem Monitoring Tempat Sampah di Gedung Politeknik Negeri Bengkalis Berbasis Mikrokontroler

  • Fajar Ratnawati Politeknik Negeri Bengkalis
  • Juniarto Politeknik Negeri Bengkalis
  • Tengku Musri Politeknik Negeri Bengkalis
Keywords: Tempat Sampah, Arduino, Motor servo, Sensor Ultrasonik, Raspberry pi

Abstract

Sampah merupakan sisa pembuangan dari aktivitas manusia maupun proses alam. Sampah yang dihasilkan dari berbagai gedung Politeknik Negeri Bengkalis semakin hari semakin mengakibatkan penumpukan dan bau tidak sedap karena adanya pembusukan sampah. Prototype Sistem Monitoring Tempat Sampah di Gedung Politeknik Negeri Bengkalis Berbasis Mikrokontroler akan dingunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Prototype yang dirancang yaitu bisa mengirim informasi kepenuhan sampah berupa notifikasi ke Android petugas kebersihan di Politeknik Negeri Bengkalis. Setiap pembuang sampah pada tempat sampah tersebut, maka tempat sampah akan terbuka dan tertutup secara otomatis. Prototype yang di buat menggunakan Arduino Uno, Sensor Ultrasonik sebagai pendeteksi kepenuhan sampah. Servo sebagai pengendali buka tutup otomatis tempat sampah. Raspberry pi sebagai server tempat database yang akan terhubung ke cloud yang akan mengirimkan notifikasi ke Android  petugas kebersihan. Jarak yang dideteksi sensor ultrasonik pertama adalah kecil sama dengan 30 cm untuk mendeteksi pembuang sampah jika sensor ultrasonik mendeteksi di jarak kecil sama dengan 30 cm, maka servo akan membuka tempat sampah secara otomatis, apabila tempat sampah telah penuh maka sensor ultrasonik dan servo tidak akan bekerja dan tempat sampah tidak akan terbuka. Sedangkan jarak yang dideteksi sensor ultrasonik kedua adalah kecil sama dengan 4 cm yang berfungsi untuk mendeteksi kepenuhan sampah dan  mengirimkan notifikasi ke android petugas.

References

Setiawan, D., Syahputra, T., & Iqbal, M. (2014). Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 1, Nomor 1, Desember 2014, hlm 55-62.

Candra, S. K., Susanto, E., & Murti, M. A. (2015). Desain dan Implementasi Wsn pada Tempat Sampah dalam Gedung Berbasis Mikrokontroller Menggunakan Rf Modul Zigbee dengan Topologi Cluster Tree. e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.2 Agustus 2015, 1917.

Almuchlisin, Jati, A. N., & Ahmad, U. A. (2016). Perancangan dan Implementasi Sistem Monitoring untuk Pelaporan Sampah Berbasis Teknologi Embedded. e-Proceeding of Engineering : Vol.3, No.1 April 2016, 666.

Tholib, R. (2017). Automatic Warning System Smarttrash (AWASSH) Berbasis Arduino Nano. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, Volume 76, Nomor 7.

Sukarjadi, Arifiyanto, Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika : Engineering and Sains Journal, Volume 1, Nomor 2, Desember 2017,, 101-110.

Sarda, G., Raval, A., Pathan, S., Patidar, R., & Gurjwar, R. K. (2019). Smart Trash Can Using IOT. International Research Journal of Engineering and Management Studies (IRJEMS), Volume 03, Issues 04.

Shadiq, H. M., Sudjadi, & Darjat. (2014). Perancangan Kamera Pemantau Nirkabel Menggunakan Raspberry Pi Model B. Transient, Volume 3, Nomor 4.

Muklisin, I., Sholehuddin, A., & Muklison. (2017). Pendeteksi Volume Tandon Air Secara Otomatis Menggunakan sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno R3. Jurnal Qua Teknika, Volume 7, Nomor 2, 55-56.

Sulihati, & Andriyani. (2016). Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android. Jurnal Sains dan Teknologi Utama, Volume XI, Nomor 1, April 2016, 15-26.

Wahyudi, H. (2015, April Minggu). Retrieved from https://tempatsantaiku.blogspot.com

Hutagalung, J. E., & Dahriansah, D. (2019). Sistem Pengendali Robot Pemotong Rumput dengan Perintah Suara Berbasis Android. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 102-109.

Published
2020-06-26