Pembuatan Aplikasi Modul Interaktif Chemistry Magazine dengan Teknologi Augmented Reality pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Berbasis Android

  • Feri Candra Universitas Riau
  • Muhammad Syafii Teknik Informatika Universitas Riau
Keywords: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Markerles Augmented Reality, Module Pembelajaran, Termokimia

Abstract

Ilmu kimia dipandang sebagai salah satu ilmu yang cukup sulit dan kurang menarik untuk dipelajari oleh kebanyakan siswa. Diantara penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar kimia adalah kurangnya minat perhatian siswa pada proses pembelajaran dalam kimia. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan minat serta kualitas pembelajaran dan hasil belajar di sekolah. Selanjutnya, untuk mempermudah siswa agar memahami materi pelajaran terutama kimia tersebut dibuatlah media pembelajaran dimana modul dengan model magazine (majalah) dikombinasikan dengan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi ini mengimplementasikan metode Marker Based Tracking dan Markerless Augmented Reality. Beberapa tahap perancangan aplikasi adalah seperti mengumpulkan data tentang modul, desain antarmuka, database, informasi yang ditampilkan dan build aplikasi kedalam bentuk Android package (Apk). Selanjutnya untuk membangun aplikasi ini digunakan tools seperti Unity 3D, Vuforia Object Scanner, Vuforia SDK, Android SDK, Java Development Kit, Adobe Photoshop, dan Adobe Premiere Pro. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality berbasis Android yang dapat secara sukses menampilkan isi materi lebih lanjut pada modul yang telah tersedia berupa video penjelasan materi tentang termokimia.

 

References

Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Hamong Putera 2 Pakem. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266–274.

Candra, F., Nasution, S., & Kurniawan. (2019). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Benda Bersejarah Museum Sang Nila Utama Kota Pekanbaru. In Prosiding Semnastik APTIKOM (pp. 410–418). Semarang.

Dimas, Nurjayandi, & Haryono, D. (2018). Penerapan Augmented Reality Pada Informasi Data Peta Kawasan Hutan Lindung Menggunakan Metode Marker. SATIN, 4(2), 100–108.

Marsita, A. M., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Sma Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument, 4(1).

Munawaroh, & Ratama, N. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. SATIN, 5(2), 17–24.

Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novratilova, D., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Efektivitas Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan Dan Menyimpulkan Pada Asam Basa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 782–794.

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54.

Rezkiana, N. T., & Candra, F. (2019). Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Paru-Paru Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. In Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and Its Application. Pekanbaru.

Sanjaya, A. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Materi Peristiwa Alam. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saraswati, S., & Linda, R. (2019). Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 3(1), 1–6.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering. Jakarta: Erlangga.

Published
2020-06-26