Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Platform Android

  • Syarifah Eiva STMIK Amik Riau
  • R Duta Rezky Putra STMIK Amik Riau
Keywords: Augmented Reality, Unity, Blender, Ilmu Tajwid, Pembelajaran

Abstract

Mengajar Al-Qur’an Hadits tentu tidak terlepas dari mengajarkan Ilmu Tajwid. Dengan mengajarkan Ilmu Tajwid siswa diharapkan bisa memahami dan mengaplikasikan Ilmu Tajwid tersebut dalam membaca Al- Qur’an sehari-hari yang selama ini harus mendatangkan guru khusus dan belajar secara manual. Aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media alternatif dalam mempelajari Ilmu Tajwid. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda 2D dan 3D kedalam lingkungan dunia nyata dan memproyeksikannya secara Real Time. Aplikasi dibuat sebagai media pembelajaran Ilmu Tajwid untuk siswa dengan merapkan teknologi Augmented Reality agar pembelajaran tampak nyata. Aplikasi menggunakan marker khusus agar aplikasi dapat berjalan. Pengujian terhadap Marker yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Marker yang berpola yang detail mudah untuk dideteksi oleh kamera perangkat android. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menambah minat siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mempelajari Ilmu Tajwid pada pelajaran Al-Qur’an Hadits.

References

Ahmad Zaki, Adiwiharja and Nicodias Palasara.2019 “Game Edukasi Marbel Tajwid” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 5, No. 2, Desember 2019 ISSN: 2527-9114

Arip Febrianto. 2018 “Use Of Augmented Reality Technology In Studying Tajwid Science Using Augmented Reality Technology In Studying Tajwid Science” Jurnal Dinamika Informatika Volume 7, No 1, Februari 2018 ISSN 1978-1660 : 83-90 ISSN online 2549-8517

Bagus Satria,Prihandoko.2018 “Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality” SEBATIK STMIK WICIDA

Dedynggego, Mohammad, and Moh Affan. 2015. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira.” Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer 1 (2): 45–60.

Didik Supriyanto. 2018 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning” Jurnal Program Studi PGMI Volume 5, Nomor 1, Maret 2018; p-ISSN: 2442-3661; e-ISSN: 2477-667X, 112-129

Efendi, Rusdi, Endina Putri Purwandari, and Muhammad Abdul Aziz. 2015. “Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Marker Augmented Reality Pada Platform Android.” Pseudocode ISSN 2355-5920 II (2): 124–34.

Ika Devi Perwitasari. 2018. “Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality Untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Matajwidnusia Berbasis Android” Intecoms Volume 1 No 1, Maret 2018 e-ISSN : 2614-1574.

Munawaroh, and Niki Ratama.2019 “Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 5, No. 2, Desember 2019 ISSN: 2527-9114

Nugraha, Iwan Setya, Iman Satoto Kodrat, and Teguh Kurniawan Martono. 2014. “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer 2 (No 1): 62–70.

Qumillaila, Qumillaila, Baiq Hana Susanti, and Zulfiani Zulfiani. 2017. “Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 36 (1): 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786.

Satria, Bagus, and Prihandoko. 2018. “Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun,” 1–5.

Sudiarjo, Aso.2015 “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf Dan Maharijul Huruf Berbasis Android”. Jurnal Sisfotek Global Issn : 2088 –1762 Vol. 5 No. 2, September 2015.

Syahrin, Alfi, Meyti Eka Apriyani, and Sandi Prasetyaningsih. 2016. “Analisis Dan Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Augmented Reality Pembelajaran Buah-Buahan.” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA) 5 (1): 11 18.

Wardani, Setia. 2015. “Jurnal Dinamika Informatika Volume 5, Nomor 1, November 2015.” Jurnal Dinamika Informatika 5 (November): 1–13. Informatika 5 (November): 1–1

Published
2020-06-26