Quick Response Code untuk Monitoring Kehadiran Kuliah Dosen

  • Salamun Universitas Abdurrab
  • Sukri Universitas Abdurrab
  • Luluk Elvitaria Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab
Keywords: Quick Response, Aplikasi, QR code, Universitas Abdurrab, Absensi

Abstract

Kelas Bersama dosen merupkan salah satu fasilitas yang ada di Universitas Abdurrab Pekanbaru, kelas ini digunakan oleh dosen-dosen yang mengajar mata kuliah teori. Dalam aktifitas yang sedang berjalan sebelum adanya system absensi ini para dosen masih menggunakan absensi tertulis yang mana aktifitas ini tidak efisiean dikarenakan terjadinya antrian jika dalam jam yang sama terdapat jumlah dosen yang mengajar sangat banyak. Oleh karena itu dibuatlah sebuah system absensi dengan Quick Response code atau yang lebih dikenal dengan QR code. System yang di buat akan di integrasikan melalui peraangkat android dosen sehingga dosen tidak perlu mencetak QR code lagi, mereka cukup login pada aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat android masing-masing dan aktifitas absensi ini dilakukan pada sebuah ruangan yang dinamakan ruang transit dosen, ruangan ini berfungsi sebagai ruang tunggu dosen, sebelum dose memasuki ruang kelas kuliah. Pada ruang transit dosen disediakan perangkat komputer yang sudah memiliki kamera yang berfungsi untuk membaca QR code pada saat absensi. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis situasi dan analisis kebtuhan yang mana sebelum membuat aplikasi ini dibutuhkan data berupa aktifitas mengajar dosen dan laporan kehadiran pada setiap perkuliahan.

References

Lubis, Dewi Milan. 2018. “Perancangan Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Qr Code Dan GPS.” Publikasi Ilmiah Teknologi Informasi Neumann 3(2): 19–23.

Rosadi, Ghofar Taufik, and Universitas. 2019. “SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pada Yayasan Kasih Suwitno Berbasis Web.” SATIN – Sains dan Teknologi Informasi 5(2).

Sugihartono, Tri, Rendy Rian Chrisna Putra. 2019. “SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi Pengembangan Aplikasi E-Government Pelayanan Administrasi Terpadu.” SATIN – Sains dan Teknologi Informasi journal 5(2).

Yiyi Supendi, Irwin Supriadi, Agustinus A. W. Isto. 2019. “Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile.” Seminar Nasional APTIKOM (Semnastik) 2019 Pemanfaatan: 550–58.

Q. Aini, Y. I. Graha, and S. R. Zuliana, “Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework Application Student Attendance QRCode in Guidance Learn to Website Based on Yii Framework,” J. Ilm. Sisfotenika, vol. 7, no. 2, pp. 207–218, 2017.

D. L. F. Mukhamad Taqwa Nuddin, “Sistem Absensi Asisten Dosen Menggunakan Qr Code Scanner Berbasis Android Pada Program Studi Sistem Informasi Program Studi Sistem Informasi , Fakultas Teknik , Universitas Muria Kudus,” Pros. SNATIF, vol. 2, pp. 303–310, 2015.

A. Pulungan and A. Saleh, “Pemanfaatan Qr Code Dalam Memudahkan Proses Absensi,” J. Masy. Telemat. dan Inf., vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2019.

I. Labolo, “Implementasi QRCode Untuk Absensi Perkuliahan Mahasiswa Berbasis Paperless Office,” J. Inform. UPGRIS, vol. 5, no. 1, pp. 1–4, 2019.

Y. T. Widayati, “Aplikasi Teknologi Qr ( Quick Response ) Code Implementasi Yang Universal,” Komputaki, vol. 3, no. 1, pp. 66–82, 2017.

B. H. Irawan, S. R. Riady, and K. Sofi, “Penerapan Absensi Kuliah Berbasis QR Code dengan Modul Raspberry Pi3 Menggunakan Metode Arsitektur Zachman Framework,” Pros. Semin. Nas. Unimus, vol. 1, pp. 718–730, 2018.

Published
2020-06-26
How to Cite
Salamun, Sukri, Luluk Elvitaria, & Liza Trisnawati. (2020). Quick Response Code untuk Monitoring Kehadiran Kuliah Dosen. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(1), 53-61. https://doi.org/10.33372/stn.v6i1.585