Game Edukasi Marbel Tajwid

  • Ahmad Zaky Yamani STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Nicodias Palasara STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Cep Adiwihardja Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Sebagian besar Muslim mengalami kesulitan menghafal berbagai jenis pengetahuan Tajwid. Salah satu solusinya adalah di TPQ ( Taman Pendidikan Quran) Assa'adah. Namun, pembelajaran yang terbatas menyebabkan anak menjadi bosan, terutama, hal itu mengurangi minat anak untuk belajar. Saat ini, dengan adanya inovasi dan perkembangan teknologi, game edukasi interaktif dibuat, tentu saja berisi teks, grafik atau gambar, gambar animasi pendukung, audio, musik. Hal ini mampu menimbulkan kegembiraan dan antusiasme dalam proses pembelajaran. Sehingga, motivasi anak untuk belajar akan meningkat secara otomatis dan itu tidak akan menunjukkan rasa bosan. Tentunya diharapkan tujuan pembelajaran akan lebih optimal. Dalam membuat game edukasi ini, penulis menggunakan metode Waterfall. Sehingga, tahapan-tahapannya lebih mudah dipahami dan model pengembangan logika dapat dipahami oleh sistem aliran. Game edukasi ini bertujuan untuk membantu proses belajar membaca Alquran yang baik dan benar (Tartil). Perangkat lunak yang digunakan untuk implementasi adalah Construct 2, untuk mengekspor file HTML 5 ke APK, dengan menggunakan Phonegap. Sedangkan untuk desain, ia menggunakan aplikasi Corel Draw. Hasilnya dengan mengaplikasikan media pembelajaran animasi resitasi interaktif ini menjadi mudah dan menyenangkan, karena dirancang dengan tampilan penuh warna.

Published
2019-12-01
How to Cite
Yamani, A. Z., Palasara, N., & Adiwihardja, C. (2019). Game Edukasi Marbel Tajwid. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 52-58. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.535