Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Perawatan Tubuh di Kakiku

Abstract

Perawatan Tubuh dapat dilakukan oleh setiap laki – laki maupun perempuan untuk mendapatkan kulit tubuh yang sehat, bersih dan berseri. Salah satu klinik kecantikan  yang ada di kota Dumai adalah Kaki Ku. Klinik kecantikan yang beralamat di jalan jendral sudirman ini banyak sekali dikunjungi oleh konsumen yang ingin melakukan perawatan tubuh. Seiring berjalannya waktu  klinik kecantikan yang ada dikota Dumai semakin bertambah, hal ini menyebabkan omzet penjualan di Klikik Kaki Ku menjadi turun, sehingga pihak pengelola harus memiliki strategi pemasaran menjadi lebih baik untuk meningkatkan pendapatan. Penerapan data mining dilakukan untuk menganalisis jenis perawatan tubuh dengan menggunakan metode apriori yang merupakan sebuah system pencarian aturan asosiasi melalui pengolahan data transaksi perawatan dari setiap konsumen selama beberapa bulan, kemudian mencari hubungan antar perawatan yang dipakai sehingga dapat memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan tambahan bagi pengelola KAKIKU dalam pengambilan keputusan.

Kata Kunci : Perawatan Tubuh, Data Mining, Apriori

Author Biography

Desyanti -, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
Soft Computing

References

Aditya, Fitri Marisa, Dwi Purnomo, 2016, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BMâ€, Mahasiswa, Teknik Informatika Universitas Widyagama Malang.

Asparizal, Yunita Putri, Ihsan Zhiyaul. 2016. Implementasi Algoritma C4.5 dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa STMIK Dumai. Satin –Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 2, Desember 2016.

Fazri Ahmad Fikri, (2016),“Implementasi Aalgoritma Apriori Dalam Menentukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswaâ€, Sistem Informasi, STMIK Jayanusa, padang.

Hermawati Fajar A.2013.Data Mining .Andi Offset.

Kusrini dan Luthfi, E.T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Mujiasi Subekti . “ Pemanfaatan Data Mining untuk Prakiraan Cuaca “, 2007.

Pratiwi Fitri, Yunita Putri, Adrianto Sukri. 2018. Analisa Pemilihan Bahasa Pemograman dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. Satin –Sains dan Teknologi Informasi Vol 4, No 2, Desember 2018.

Prasetyo, Eko. 2013. Data Mining Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.

Sani Susanto dan Dedy Suryadi . “Pengantar Data Miningâ€, Andi, Yogyakarta, 2010.

Published
2019-06-27
How to Cite
-, D., & Sari, F. (2019). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Perawatan Tubuh di Kakiku. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(1), 51-59. https://doi.org/10.33372/stn.v5i1.457