Analisa Pemilihan Bahasa Pemograman dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa

  • Fitri Pratiwi STMIK DUMAI
  • Putri Yunita STMIK DUMAI
  • Sukri Adrianto STMIK DUMAI
Keywords: Tugas Akhir, Data mining, Rough Set

Abstract

Tugas Akhir adalah tugas yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan sarjana mereka. Dalam penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa harus mampu membuat suatu program aplikasi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Namun permasalahan yang ada sebagian mahasiswa memilih bahasa pemograman yang tidak tepat dengan Skema Tugas Akhir sehingga mengakibatkan lamanya proses pembuatan tugas akhir. Analisa pemilihan bahasa pemograman dalam penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa dengan mengaplikasikan data mining yang menggunakan metode rough set, diharapkan bisa memberikan solusi yang sesuai dalam penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa agar tepat waktu.

 

Kata Kunci: Tugas Akhir,  Data mining, Rough Set

References

Andika Prajana. (2011). Aplikasi Data Mining untuk Perbandingan Manajemen Laba terhadap Persistensi Laba Pada Perusahaan Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. STMIK Dharmasraya. Asriningtias, Y., & Mardhiyah, R. (2014). APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI, 8(1), 837–848. Eko Nur Wahyudi, D. (2011). Analisa Profil Data Mahasiswa Baru terhadap Program Studi yang dipilih di Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah dengan Menggunakan Teknik Data Mining. Universitas Stikubank.

Eko Prasetyo. (2012). Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB (ANDI Yogya). gresik. Emha Taufiq Luthfi. (2009). Penerapan Data Mining Algoritma Asosiasi Untuk Meningkatkan Penjualan. STMIK AMIKOM Yogyakarta. fitri pratiwi, sukri A. (2017). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Peningkatan Jumlah Mahasiswa Melalui Promosi Dengan Penerapan Analisa Data Mining, 3(2). Gregorius Satia Budhi, & Felicia Soedjianto. (2007). Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Pada Tabel Data Absensi Elektronik Untuk Mendeteksi Kecurangan Absensi (Check-Lock) Karyawan Di Perusahaan. Jurnal Informatika, 8(2), 119–129. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/view/16777 Kamagi, D. H., & Hansun, S. (2014). Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4 . 5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa, VI(1), 15–20.

Lisnawati, H. S. (2011). Aplikasi Pencatatan Persediaan Barang Jadi Menggunakan Visual Foxpro Pada CV. Maja Menjangan Kabupaten Majalengka. Jurnal Kompak STMIK IKMI, 4, 25–27.

Ni’mah, A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dalam Menyelesaikan Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3752

Rully Soelaiman, Wiwik Anggraeni, E. S. (2008). Penerapan Rough Set Quantitative Measure Pada Aplikasi Pendukung keputusan. Institut Teknologi Sepuluh November.

Sofi Defiyanti. (2015). Penentuan peminatan tugas akhir mahasiswa teknik informatika unsika. Jurnal Ilmiah Solusi, 2(5), 9–16.

subekti mujiasih. (2011). pemanfatan data mining untuk prakiraan cuaca. Jurnal Meteorologi Dan Geofisika, 12, 189–195.

V.Umarini, P. (2010). A Study on Effective Mining of Association Rules from Huge Database. Coimbatore.

Published
2019-01-22