Penerapan Augmented Reality Pada Informasi Data Peta Kawasan Hutan Lindung Menggunakan Metode Marker

Keywords: Android, Augmented Reality, 3d, peta, teknologi

Abstract

Abstrak

 Kemudahan dalam mengakses layanan informasi menjadi salah satu pilihan bagi setiap pengguna perangkat komunikasi. Smartphone merupakan salah satu perangkat komunikasi yang menghadirkan kemudahan, sehingga banyak alternatif pilihan pengguna. Pengguna smartphone yang berbasis Android saat ini meningkat pesat, hal tersebut terjadi bagi para pengembang aplikasi berlomba-lomba membuat aplikasi berbasis android, salah satu dari aplikasi yang masuk akal adalah informasi data peta. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada data informasi peta kawasan. Peta kawasan yang dipilih dengan pertimbangan dari segi gambar (bentuk kawasan) karena setiap kawasan yang berada dalam pengawasan Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah I Rengat memiliki satu hal yang lain dan yang belum pernah melihat informasi yang mudah dan lengkap tentang kawasan tersebut. Arsitektur aplikasi akan dirancang berbasis Augmented Reality (AR). Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan objek gambar dengan 3D. Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah aplikasi android yang dapat digunakan untuk memberikan informasi detail dan gambar kawasan secara 3D.

Kata Kunci: Android, Augmented Reality, 3d, peta, teknologi

References

Affan, M. (2015). Perancangan Media PembelajaranInteraktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 1(2), 45–60.

Kamelia, L. (2015). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata, IX(1).

Kustijono, R., Hakim, S. R., Kustijono, R., & Hakim, S. R. (2014). Pengaruh intensitas cahaya dan jarak pada sistem augmented reality objek animasi, 4(2), 8–14.

Lauren, G., Kasus, S., Dreamweaver, M. M., Mysql, P. H. P., Mariana, N., Kardian, R., & Lauren, G. (2013). KOMPUTASI, 12.

Motor, T. S., Ringan, T. K., Audio, T., Pengolahan, T., Perikanan, H., Boga, J., … Siswa, P. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pacitan Lely Deviana Putri Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan Jl . Yudharta No 7 Sengonagung Purwosari, Pasuruan 67162, 3(4), 2–5.

Noor, A., & Barong Tongkok Kampus Gn Kelua Samarinda Kalimantan Timur, J. (2017). Sistem Informasi Geografis Manajemen Data Kependudukan Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Berbasis Website. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1).

Potter, D. (2010). Augmented Reality : Heritage, (November), 36–48.

Rori, J., Sentinuwo, S., Karouw, S., & Pendahuluan, I. (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi, 8(1), 3–7.

Published
2019-01-22
How to Cite
Dimas, D., Nurjayadi, N., & Haryono, D. (2019). Penerapan Augmented Reality Pada Informasi Data Peta Kawasan Hutan Lindung Menggunakan Metode Marker. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.393