Rekayasa Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak untuk Peningkatan Nilai Kualitas Game Edukasi berbasis Mobile dengan Tema Pariwisata

Keywords: Kualitas Perangkat Lunak, Kebutuhan Kualitas, Mobile Game, Game Edukasi, Pariwisata

Abstract

Mobile game edukasi merupakan salah satu jenis game edukasi yang berjalan pada platform perangkat mobile. Game edukasi berarti sebuah permainan yang didalamnya berisi konten yang mendidik namun tetap menghibur. Pariwisata merupakan sebuah sektor atau bidang yang belakangan sangat menjadi sorotan oleh banyak pihak, termasuk pemerintah. Hal tersebut karena pariwisata merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan pendatang untuk mengunjungi sebuah daerah yang dikenal dengan banyak objek wisatanya. Mobile game edukasi merupakan mobile game dengan genre edukasi yang bertujuan untuk pembelajaran, sehingga kebutuhan kualitasnyapun akan berbeda dibandingkan dengan mobile game pada umumnya. Kebutuhan kualitas untuk mobile game edukasi dengan tema pariwisata sudah pernah disusun dan diimplementasikan sebagai acuan dalam membangun game edukasi berbasis mobile dengan harapan produk yang dihasilkan nantinya akan memiliki nilai kualitas yang baik. Berdasarkan hasil evaluasi nilai kualitas dari produk yang telah dihasilkan, masih ada beberapa bagian yang dapat lebih ditingkatkan kembali, sehingga setelah dilakukan rekayasa kembali pada kebutuhan kualitas tersebut, maka terbentuklah sebuah kebutuhan kualitas yang baru yang nantinya dapat meningkatkan nilai kualitas produk mobile game.

Author Biographies

Anggy Trisnadoli, Politeknik Caltex Riau
Jurusan Teknologi Informasi
Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau
Jurusan Teknologi Informasi
Yuli Fitrisia, Politeknik Caltex Riau
Jurusan Teknologi Informasi

References

Adams, E. (2010). Fundamentals of Game Design (2nd edition). California: New Riders.

Febriano, E., Trisnadoli, A., & Putra, Y. E. (2017). Pembangunan Mobile Game Edukasi Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau. Jurnal Aksara Komputer Terapan.

Ridoi, M. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2: Tutorial . Mashka.

Salman, A. G., Chandra, N., & Norman. (2013). Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Berbasis Android. ComTech Vol. 4 No. 2.

Sanjaya, C. B. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bali pada Platform Android. MERPATI Vol.2 No.1.

Sudaryanto, A. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Yang Diterapkan Dalam Pengelolaan Tanah Pariwisata Sri Gethuk Di Bleberan, Playen,Gunung Kidul. MIMBAR HUKUM Vol. 30 No. 1.

Trisnadoli, A. (2015). Analisis Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak untuk Mobile Games. Jurnal Komputer Terapan, 1(2).

Trisnadoli, A., Muslim, I., & Novayani, W. (2015). Software Quality Requirements Analysis on Educational Mobile Game with Tourism Theme. Journal of Software.

Vigorsinanjung, V., & Hidayat, T. (2014). Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Untuk Memperkenalkan Objek Wisata Di Kulon Progo. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Published
2019-01-22