Sistem Pencarian Obat pada Apotek

  • Ratna Yulia STMIK Amik Riau
  • Susandri Susandri STMIK Amik Riau
Keywords: Apotek, Riau, Sistem pencarian, Obat, Waterfall

Abstract

Apotek merupakan sebuah usaha yang menangani peracikan dan penjualan obat yang banyak tersedia di setiap daerah, salah satunya di Riau. Hingga saat ini untuk mendapatkan informasi keberadaaan obat yang dibeli masyarakat harus mengunjungi ke setiap apotek dimana akan memerlukan waktu dan biaya tambahan untuk mencarinya. Oleh karena itu perlu dibangunnya sistem pencarian obat pada apotek dengan memfasilitasi pengguna untuk mendapatkan informasi apotek yang menjual obat berdasarkan kata kunci nama obat, jenis obat dan nama apotek. Metode pengembangan sistem yang digunakan penelitian ini yaitu waterfall. Dengan adanya sistem tersebut dapat membantu masyarakat dalam mencari obat-obatan yang dibutuhkan tanpa mendatangi apotek langsung.

References

Andoyo, A., & Sujarwadi, A. (2014). Sistem Informasi Berbasis Web pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 1–9.

Isnandi, & Wardati, I. U. (2014). Sistem Informasi Penjualan Tiket Pada Al Fath Tours Dan Travel Pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6(1), 39–43.

Kusuma, A. P., & Widodo, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Pendataan Nilai Akademik Siswa Berbasis Web Menggunakan Php dan Mysql di Sma Islam Hasanuddin Kesamben. Jurnal Antivirus, 10(1), 11–20.

Lestanti, S., & Susana, A. D. (2016). Sistem Pengarsipan Dokumen Guru dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web. Jurnal Antivirus, 10(2), 69–77.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotek

Rosilawati, N. E., Nasution, I., & Murni, T. W. (2017). Penggunaan Radiofarmaka Untuk Diagnosa Dan Terapi Di Indonesia Dan Asas Keamanan Penggunaan Obat. SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan, 3(1), 60–73.

www.ibm.com Diakses pada tanggal 20 juli 2018.

Published
2019-01-22