Virtualisasi Server dengan Proxmox untuk Pengoptimalisasian Penggunaan Resource Server pada Upt Teknologi dan Komunikasi Pendidikan

  • Didik Sudyana - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Edwar Ali - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: Virtualisasi, Server, Proxmox, Live Migration

Abstract

Kebutuhan organisasi bergantung pada infrastruktur teknologi salah satunya kebutuhan pengembangan server. UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan yang bertugas dibidang teknologi juga membutuhkan pengembangan server. Karena awalnya UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan hanya memiliki 3 unit server dan tidak memadai untuk menjalankan kebutuhan. UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan minimal harus mempunyai 7 unit server. Ketiga server yang berjalan juga menggunakan resource yang sedikit. Hal ini membuat tidak efisiensinya penggunaan server tersebut. Virtualisasi kemudian menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Virtualisasi berbasiskan open source menjadi pilihan utama untuk digunakan seperti proxmox. Dengan penerapan virtualisasi proxmox, penggunaan resource menjadi maksimal, karena 3 server dapat berjalan bersamaan di 1 server fisik. Dan dengan fitur Live Migration dari proxmox, satu virtual machine dapat dipindahkan ke server fisik lainnya ketika maintenance tanpa downtime. Dengan demikian, biaya pengadaan server baru dapat diminimalisir dan biaya operasional yang harus dikeluarkan menjadi berkurang.

References

Afriandi Arief, (2012) “Perancangan, Implementasi, dan Analisis Kinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox, Vmware Esx, Dan Openstackâ€, Jurnal Teknologi UGM, 5, (2), 183.

Purbo, Onno W, 2012, Membuat Sendiri Cloud Computing Server Menggunakan Open Source, Andi Publisher, Yogyakarta.

Published
2018-07-31