Penerapan Interpolasi Lanjar Terhadap Piksel Gambar Digital yang Diperbesar

  • Koko Harianto - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: interpolasi, lanjar, hampiran, piksel, gambar

Abstract

Gambar merupakan representasi atau imitasi dari suatu objek. Proses pengolahan gambar merupakan proses yang dilakukan untuk menggali informasi yang terdapat di dalam gambar. Salah satu pengolahan gambar adalah dengan membesarkan ukuran gambar (zoom in). Proses pembesaran gambar dilakukan dengan menyisipkan sejumlah piksel diantara dua piksel  pada suatu gambar, namun proses penambahan piksel tersebut akan menimbulkan suatu permasalahan yaitu berapakah harga untuk masing-masing piksel baru tersebut agar gambar tidak mengalami kerusakan atau kehilangan informasi . Dalam metode numerik, apabila ingin menemukan nilai diantara dua buah nilai yang sudah didefinisikan, maka dapat menggunakan teknik interpolasi lanjar. Interpolasi lanjar merupakan teknik untuk memberikan nilai hampiran diantara dua nilai yang diinterpolasi dengan menggunakan garis lurus. Dengan menerapkan interpolasi lanjar, maka akan  menentukan harga atau nilai yang akan menempati masing-masing piksel baru yang ditambahkan pada saat pembesaran gambar

References

Rinaldi, M, 2008. Metode Numerik, Edisi 2, Informatika, Bandung.

Hermawati, Fajar Atuti, 2013. Pengolahan Citra Digital Konsep & Teori, Edisi I, Andi, Yogyakarta.

Rinaldi, M, 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika, Bandung.

Sutoyo, T., Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, Oky Dwi Nurhayati, Wijanarto,2009. Teori Pengolahan Citra Digital, ANDI, Yogyakarta.

http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=344:citra-digital&catid=15:pemrosesan-sinyal&Itemid=14, Juli 2012.

Rinaldi, M, 2007. Matematika Diskrit. Edisi III, Informatika, Bandung.

Koko, H, 2014. SATIN Sains dan Teknologi Informasi, Volume 3 Nomor 1, Halaman 16-21.

Published
2018-07-31