Analisa dan Implementasi Transformasi Analog to Digital Converter (ADC) untuk Mengkonversi Suara Kebentuk Teks

  • Elgamar Syam - Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Speech Recognition, Speech to Text, x-webkit, Analog to Digital Converter.

Abstract

Teknologi telah banyak membawa perubahan pada kehidupan manusia, sehingga memberikan dampak positif dan negatif. Menurut hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa daya serap manusia terhadap sebuah informasi adanya ketidaksamaan tingkatan, salah satu yang menyebabkan demikian adalah pilihan jenis media yang digunakan. Jenis media komunikasi audio visual ternyata yang paling tinggi, audio, dan selanjutnya berupa teks. Transformasi Analog to Digital Converter (ADC) merupakan piranti yang berfungsi merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Dalam sub sistem ADC,untuk mendapatkan frekuensi yang di inginkan, melalui tiga tahapan yaitu sampling, quantizing, dan pengkodean, kemudian membandingkan frekuensi ini dengan frekuensi sinyal digital suara yang masuk dengan database kata-kata yang sudah di inputkan sebelumnya sehingga menghasilkan sebuah output berupa text-on-screen

References

Sonia Sunny., David Peter S., and K Poulose Jacob, (2012). “Recognition Of Speech Signals : An Experimental Comparison Of Linear Predictive Coding And Discrete Wavelet Transforms.†India : Cochin University Of Science and Technology.1594-1601.

Anusuya, M.A. and Katti, S.K. (2009). “Speech Recognition by Machine : A Review.â€India : Sri Jaya Chamarajendra College Of Engineering Mysore. 181-205.

Syaiful Alam (2008), “Perancangan dan Simulasi Sistem Kompresi Suara dengan Transformasi DCT†Indonesia : Universitas Lampung.

Ferda Ernawan and NurAzman Abu. (2011), Spectrum Analysis Of Speech Recognition Via Discrete Tchebichef Transform†Indonesia, Malaysia :Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) and Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

Rezza Aditya (2012), “Prototipe Pengenalan Suara Sebagai Penggerak Dinamo Starter Pada Mobil†Indonesia : Universitas Gunadarma.

Darma Putra dan Adi Resmawan. (2011). Verifikasi Biometrika Suara Menggunakan Metode MFCC dan DTW†Indonesia : Universitas Udayana.

Fadlisyah, Bustami, dan Ikhwanus, M (2013). “Pengolahan Suara.†1th. Yogyakarta. viii + 1-130.

Published
2018-07-31
How to Cite
-, E. S. (2018). Analisa dan Implementasi Transformasi Analog to Digital Converter (ADC) untuk Mengkonversi Suara Kebentuk Teks. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(2), 71-77. https://doi.org/10.33372/stn.v3i2.369