Evaluasi Dosen Dibidang Pengajaran Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) (Studi Kasus : STMIK-AMIK Riau)

  • Teguh Sujana - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Rahmiati - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: Penilaian, Pengajaran, Kompetensi, TOPSIS, MADM

Abstract

Salah satu penentu kualitas pendidikan tinggi adalah dosen. Dosen yang kompeten untuk melaksanakan tugasnya secara profesional adalah dosen yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, sehingga perlu adanya penilaian yang mengacu kepada kompetensi dosen. Untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai dengan kualitas dosen maka penilaian yang dilakukan tidak hanya dari mahasiswa, tetapi juga dari teman sejawat, atasan, dan diri sendiri. Namun untuk memilih yang terbaik dari berbagai aspek penilaian menjadikan kendala dalam evaluasi dosen dibidang pengajaran. Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Konsep ini banyak digunakan pada beberapa model MADM untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis. Multiple Attribute Decision Making (MADM) digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam ruang diskret. Oleh karena itu MADM biasanya digunakan untuk melakukan penilaian atau seleksi terhadap beberapa alternatif dalam jumlah yang terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode TOPSIS dalam evaluasi dosen dibidang pengajaran dapat ditentukan dosen terbaik dibidang pengajaran yang berkompeten sehingga diharapkan dapat mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya

References

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,(2014) , Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (SERDOS) Terintegrasi : Buku 2 Penilaian Portopolio.

Kusumadewi, Sri, dkk,(2006), Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Published
2018-07-31