Manajemen Sistem Data dan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi

  • Edwar Ali Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Susandri - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Rahmaddeni - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: Data, Informasi, Pendidikan Tinggi

Abstract

Sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi secara keseluruhan ditunjang oleh data dan informasi yang berperan sebagai indikator keberhasilan dari berbagai kegiatan. Aktifitas dimulai dari perencanaan dan diakhiri dengan pelaporan. Pihak yang berkepentingan terhadap hal ini dikelompokkan atas dua bagian yaitu internal dan eksternal. Pemerintah telah menetapkan aturan sistem pendidikan tinggi dan di dalamnya terdapat rentang kendali yang dapat ditentukan sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Kondisi ini memunculkan perbedaan-perbedaan aturan internal yang dibuat oleh masing-masing perguruan tinggi. Prinsipnya kewenangan yang diberikan kepada perguruan tinggi tetap akan bermuara pada standar yang ditetapkan pemerintah. Adanya kewenangan inilah yang membuat perguruan tinggi dituntut agar lebih kreatif dalam pencapaian visi dan misinya. Tulisan ini dapat menjadi acuan bagi perguruan tinggi dalam mengorganisasi data dan informasinya agar fleksibel dalam menyikapi setiap perubahan kebijakan sistem pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal yang menjadi dasar acuan dalam tulisan ini adalah data dan fakta yang ada dalam lingkungan internal dan eksternal perguruan tinggi. Diharapkan dengan kondisi yang fleksibel dalam mengelola data dan informasi dalam perguruan tinggi dapat diselaraskan dengan segala bentuk perubahan yang terjadi di lingkungan pemerintahan.

References

Jogiyanto, HM., 1995. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Struktur. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Marin, H. January 1991, Computer aided management in higher education:a model adopted by Brazilian universities. Paper for CRE Colombus Meeting.

Republik Indonesia, 2012, Undang-undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Sekretariat Negara, Jakarta.

Rush, J.E., & Davis, C.H. 2006. Guide to information science and technology. Manuscript in preparation

http://forlap.dikti.go.id

Published
2018-07-31
How to Cite
Ali, E., -, S., & -, R. (2018). Manajemen Sistem Data dan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 85-89. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.358