Penggunaan Media Berbasis Komputer dengan Metode Inkuiri untuk Menigkatkan Hasil Belajar Fisika Prodi Matematika FKIP UIR

  • Firman Edigan Jurusan Matematika Universitas Islam Riau
Keywords: Metode Inkuiri, Media Berbasis Komputer, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini dimulai dari rendahnya skor hasil belajar fisika di prodi matematika FKIP UIR. Ini tampak dari skor siswa yang sebagian besar mendapatkan nilai B sehingga pembelajaran fisika tidak berjalan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika di prodi matematika FKIP UIR dengan menggunakan media berbasis komputer melalui metode inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa semester pertama kelas IE di prodi matematika FKIP UIR tahun akademik 2010/2011, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 39 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus untuk delapan pertemuan dan dua siklus pertemuan untuk tes hasil belajar. Setiap pertemuan, belajar menggunakan metode inkuiri dengan lima langkah yang terdiri dari merumuskan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, uji hipotesis dan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini  menunjukkan bahwa penggunaan media komputer berbasis metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada prodi matematika FKIP UIR. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil siklus satu tes dengan skor rata-rata nilai 68,85 ≥ B hanya 58,97% dan siklus II dengan rata-rata nilai 76,41 ≥ B sekitar 79,49%. Umumnya, proses pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar.

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nana Syaudih Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Nana Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Nasrun Harahap, dkk. 2002. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.

Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Siregar, Evaline.2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prayitno, dkk. 2004. Buku Panduan Penelitian Tesis dan Desertasi. Padang: PPs UNP.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Seels, Barbara B, Richey, Rita C. 1994. Teknologi Pembelajaran. Jakarta Universitas Negeri Jakarta.

Sadiman AS Raharjo, Haryino, A. Dan Raharjo, 1986. Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada.

S. Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukamadinata, Nana Syaodih.1997.Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tritanto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

W. Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusuf hadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Prenada Media, cetakan ke-2, Jakarta.

Published
2018-07-31