Implementasi Database Cluster dalam Pengelolaan Data Mahasiswa Menggunakan MySQL (Studi Kasus Biro Administrasi Informasi dan Teknologi Universitas Islam Riau)

  • Anggi Hanafiah Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Triyani Arita Fitri Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Erlin - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: database cluster, MySQL cluster, high availability, downtime, backup

Abstract

Biro Administrasi Informasi dan Teknologi merupakan salah satu biro yang terdapat pada Universitas Islam Riau yang mempunyai peranan yang sangat penting didalam perkembangan IT. Permasalahan yang dihadapi pada saat ini adalah biro tersebut masih menggunakan sistem database tunggal untuk menyediakaan sebuah database. Database server yang ada pada sekarang digunakan untuk menampung seluruh database yang digunakan pada aplikasi-aplikasi di instansi tersebut, sehingga database tersebut dituntut agar database mempunyai ketersediaan yang tinggi. Dengan adanya masalah tersebut, maka perlu dibangun sebuah teknologi yang mampu mengatasi sistem database yang tunggal tersebut untuk menyediakan sistem backup database yang baik dan mempunyai ketersediaan data yang tinggi. Database cluster merupakan sebuah teknologi yang terdiri dari beberapa node yang saling bekerja sama untuk mengatasi kegagalan pada penyediaan database. Pada penelitian ini penulis akan menerapkan database cluster dengan menggunakan MySQL cluster, dan hasil dari penelitian ini adalah membangun sebuah database yang bersifat high availibilty pada database mahasiswa. Dengan adanya teknologi database cluster ini, akan memberikan ketersediaan data yang tinggi dan memungkinkan mengurangi waktu downtime pada penyediaan database

References

Ramadhan, Fakhriy. 2011. Implementasi MySQL Cluster Menggunakan Pemanfaatan High Availability Pada Penginputan Data Mahasiswa Dengan Aplikasi Berbasis Java. Bandung: Politeknik Telkom Bandung.

Prabowo, Aditya. 2011. Perancangan MySQL Cluster Untuk Mengatasi Kegagalan Sistem Basis Data Pada Sisi Server. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hendranata, Hendri. 2010. Implementasi MySQL Cluster Pada Open Solaris. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Hakim, Lukmanul. 2011. Analisa dan Implementasi Sistem Clustering Basis Data PostgreSQL Menggunakan PgCluster Guna Meningkatkan Kinerja Dari Sistem Basis Data. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Runy Panjaitan, Frisca. 2011. Analisis dan Implementasi Distribusi Basis Data (Clustering) Untuk Basis Data Sistem Pembiayaan dan Penjualan Kendaraan Studi Kasus : PT. VERENA OTO FINANCE. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Connoly, Thomas. and Begg Carolyn. 2005. Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, Fourth Edition. Addison Wesley.

Published
2018-07-31
How to Cite
Hanafiah, A., Fitri, T. A., & -, E. (2018). Implementasi Database Cluster dalam Pengelolaan Data Mahasiswa Menggunakan MySQL (Studi Kasus Biro Administrasi Informasi dan Teknologi Universitas Islam Riau). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(1), 15-30. https://doi.org/10.33372/stn.v2i1.332