Strategi Mengembangkan E-Government Untuk Pemerintahan Daerah

  • Edwar Ali Tenik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: E-Government, Aplikasi, Metode Pengembangan

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat dan terjadinya  kompetisi antar wilayah yang semakin ketat  telah menjadi isue secara global. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) menjadi sangat penting dalam era globalisasi sekarang ini, karena dapat menembus jarak yang jauh bahkan melampaui batas negara sekalipun. Seiring dengan hal tersebut, maka dikembangkanlah teknologi komunikasi dalam pemerintahan yang disebut electronic government (e-gov) sebagai implementasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahan.Di mana pada intinya aplikasi e-gov ini digunakan untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lainnya. Bersentuhan dengan teknologi e-government, maka butuh berbagai kesiapan seperti sumber daya, motode pengembangan dan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan.Lebih jauh, faktor yang dapat menjadi penentu keberhasilan dalam mengembangkan e-government adalah strategi yang ditempuh dalam setiap langkah-langkah yang ada dalam metode pengembangan

References

Agarwal, P.K., “Portals: the path to everything,†Government Technology, March, www.govtech.net.

Bastian. Perkembangan E-Government di Indonesia. Sinar harapan 2003

Center for Democracy and Technology (CDT) and InfoDev, “E-Government Handbook: Part 1 - The Three Phases of E-Governmentâ€, http://www.cdt.org/egov/handbook/part1.shtml, [online], 3 April 2007.

Hasibuan, Zainal A., Harry Budi Santoso. Standardisasi Aplikasi E-Government Untuk Instansi Pemerintah. Paper e-Indonesia Initiatives Forum 2005.

Hasibuan, Zainal, A. Pengembangan Prototipe Kerangka Aplikasi E-Government, Studi Kasus : Sistem Informasi Kependudukan. Paper e-Indonesia Initiatives Forum 2006.

Inpres RI Nomor 3 Tahun 2003, Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Kepmen Komunikasi dan Informasi Nomor 57/Kep/M.Kominfo/12/2003, Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Government.

Karim, Muhammad R.A., dan Nazirah Mohd Khalid. E-Government in Malaysia. Pelanduk Publication. 2003

Riani, B., Melia, I., dan Ariyanto, W., “Pengembangan Prototipe Standardisasi Aplikasi E-Government untuk Instansi Pemerintah “, Student Project, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004.

Satriyana, Eddy. Electronic Government. Majalah Triwulanan “Perencanaan Pembangunan†No. 30 Edisi Januari-Maret 2003.

Setiadi,H., Genia, P.I., dan Hasibuan, Zainal A. Database Kependudukan Nasional Prasyarat untuk Pelaksanaan E-Government. Paper e-Indonesia initiatives Forum 2006.

The World Bank Group, “A Definition of E-Governmentâ€,

http://www1.worldbank.org/publicsector/egov/definition.htm, [online] 3 April 2007.

http://www.wartaekonomi.com.

www.bappenas.go.id. Pentingnya Aplikasi E-Government. [online] 3 April 2007

http://www.depkominfo.go.id. Kondisi Situs Web Pemerintah Daerah [online] 3 April 2007