Analisa Penentuan Masyarakat Miskin pada Pemetaan Swadaya dalam Penerimaan Bantuan untuk Masyarakat dengan Fuzzy Mamdani

  • dona kurnia Amik Bukittinggi
Keywords: Survei, Pemetaan Swadaya, Fuzzy Mamdani

Abstract

Survei yang dilakukan pada Pemetaan Swadaya (PS) bertujuan untuk menentukan masyarakat miskin yang layak dalam menerima bantuan dari pemerintah. Survei Data PS digunakan untuk banyak jenis bantuan dapat berupa bantuan langsung tunai, bantuan langsung masyarakat, bantuan rumah layak huni, dll. Survei yang dilakukan menggunakan rembuk warga disetiap kelurahan. Untuk menentukan kriteria masyarakat miskin yang akan menerima bantuan Tim Data PS telah menetapkan 3 kriteria yaitu Pendapatan, Kondisi Rumah dan Jumlah Tanggungan. Dalam menetapkan keputusan untuk masyarakat miskin yang akan menerima bantuan, peneliti menggunakan logika fuzzy mamdani dalam pengambilan keputusannya agar pengambilan keputusan lebih adil, cepat dan efisien. 

References

Akhmad Busthomy, D. (2016) ‘Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Objek Wisata Di Kabupaten Pasuruan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy’, JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol.2(No 1).

Kusumadewi, S. (2002) Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Toolbox Matlab. graha ilmu Yogyakarta.

Naba, A. (2009) Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Andi Publisher Yogyakarta.

Published
2019-01-22