Penilaian Aspek Pengetahuan Kurikulum 2013 Berbasis Aplikasi .Net Framework 4.5

  • Dilson - Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Lilik Suhery Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
Keywords: Pengetahuan, Kurikulum 2013, DSRM, UML, .net Framework

Abstract

Upaya pemerintah dalam menjamin kualitas layanan pendidikan adalah dengan meluncurkan Kurikulum 2013 dan sistem penilaian yang komprehennsif sesuai dengan standar nasional pendidikan. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik saat ini adalah proses penilaian hasil belajar khususnya penilaian pada aspek pengetahuan. Tenaga pendidik dituntut untuk memetakan setiap Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Inti (KI-3) yang terdapat pada tiap tema dan sub tema muatan pelajaran. Selain harus menentukan nilai KKM untuk setiap KD, tenaga pendidik juga dituntut untuk merancang bentuk dan teknik penilaian yang akan digunakan setiap minggunya. Berdasarkan hasil pengelolaan nilai tersebut, tenaga pendidik juga harus menentukan muatan pelajaran yang perlu di remedi atau pengayaan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penilaian Kurikulum 2013 pada aspek pengetahuan menggunakan .net framework 4.5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Science Research Method (DSRM), dan teknik analisa menggunakan model Unified Model Language (UML). Dengan adanya aplikasi ini tenaga pendidik dapat dengan mudah mengelola nilai pengetahuan peserta didik dan setiap minggu tenaga pendidik dapat menentukan peserta didik yang perlu di remedial dan muatan pelajaran yang perlu pengayaan

Author Biographies

Dilson -, Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
Teknik Komputer
Lilik Suhery, Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
Teknik Komputer