Implementasi Algoritma C4.5 dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa STMIK Dumai.

  • Asparizal - STMIK Dumai
  • Putri Yunita Jurusan Sistem Informasi, STMIK Dumai
  • Zhiyaul Ihsan Jurusan Teknik Informatika, STMIK Dumai

Abstract

Abstrak

 

      Dilakukan penelitian pada STMIK Dumai. Penelitian dilakukan untuk merancang sebuah Aplikasi, dimana outputnya berupa prediksi masa studi mahasiswa. Perancangan Sistem terdiri dari rancangan output, rancangan input, dan rancangan file, dimana dengan menggunakan logika pemrograman yang ada, input, proses dan output yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Penyajian laporan-laporan yang berhubungan dengan informasi data masa studi mahasiswa STMIK Dumai disajikan dalam bentuk tabel, hal ini diasumsikan akan lebih jelas dan akurat.

      Manfaat terbesar dari penyajian laporan ini yaitu agar dapat sekiranya mempermudah dalam mendapatkan prediksi informasi masa studi mahasiswa, sebagai acuan pengambilan mata kuliah berikutnya bagi mahasiswa agar luls tepat waktu, mengontrol indek prestasi (IP) dan Indek prestasi komulatif (IPK) mahasiswa yang datanya sangat berguna untuk prodi, akademis, mahasiswa juga orang tua mahasiswa. Dalam perancangan aplikasinya, digunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dengan database MySQL yang bertujuan agar lebih mudah dimengerti oleh pemakai (user).

 

Kata Kunci : Masa Studi, Algoritma C4.5, Visual Basic 6.0, MySQL

How to Cite
-, A., Yunita, P., & Ihsan, Z. (1). Implementasi Algoritma C4.5 dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa STMIK Dumai. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 90-99. https://doi.org/10.33372/stn.v2i2.189