Metode User Centered Design (UCD) dalam Membangun Aplikasi Layanan Manajerial di Perguruan Tinggi

Keywords: aplikasi, manajemen, UCD

Abstract

Mayoritas perguruan tinggi telah mengembangkan berbagai perangkat lunak untuk mendukung aktifitas  fungsi-fungsi standar yang ada. Selain itu, pihak Kemenristekdikti juga telah memiliki aplikasi yang setidaknya telah mampu beroperasi dalam memberikan layanan lembaganya. Setelah melakukan pengamatan, didapati bahwa mayoritas software tersebut memberikan layanan sebatas pengumpulan data, pemrosesan, dan penginformasian. Hal yang lebih spesifik dan unik yang menjadi ciri khas suatu perguruan tinggi belum dapat disentuh oleh setiap sistem perangkat lunak yang dibangun. Hal ini disebabkan minimnya komunikasi antara setiap jajaran manajemen dalam organisasi dengan pengembang, sehingga aplikasi yang dibuat hanya terfokus pada level manajemen yang mengajukan usulan. Menghadapi kondisi ini, maka diperlukan koordinasi pada seluruh level manajemen dalam menentukan kebutuhannya. Solusi untuk kondisi di atas dapat dilakukan dengan mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk  lingkungan perguruan tinggi. Fokus keluarannya ditujukan untuk jajaran manajemen yang ada. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan yang dilalui adalah User Centered Design (UCD). Kondisi yang diharapkan dari keluaran aplikasi tersebut adalah kecepatan, keakuratan, dan validitas, sehingga berdampak pada aktifitas menyusun rencana, membuat keputusan, kebijakan, dan tindakan bagi berbagai level manajemen dalam perguruan tinggi.

How to Cite
Ali, E. (1). Metode User Centered Design (UCD) dalam Membangun Aplikasi Layanan Manajerial di Perguruan Tinggi. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 1-6. https://doi.org/10.33372/stn.v2i2.177