Aplikasi Network Traffic Monitoring Menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) pada Jaringan Virtual Private Network (VPN)

  • Nora Lizarti Jurusan Teknik Informatika STMIK Amik Riau
  • Wirta Agustin Jurusan Teknik Informatika STMIK Amik Riau
Keywords: network traffic monitoring, VPN (Virtual Private Network), SNMP (Simple Network Management Protocol), Linux Ubuntu 12.04

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi yang ada di SMK Labor Binaan FKIP UNRI telah dapat menunjang proses keputusan yang akurat. Aplikasi Sistem Informasi tersebut bisa di akses melalui internet secara private dengan teknologi VPN ( Virtual Private Network), tetapi penggunaannya belum bisa di pantau secara spesifik oleh administrator jaringan, sehiingga perlu untuk membangunkan suatu sistem traffic monitoring dengan menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) dalam mengimplementasikan aplikasi untuk melakukan pengamatan penggunaan lalu lintas data internet dari parameter yang ada pada jaringan VPN (Virtual Private Network) berbasis web, yang menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu cara memanfaatkan jaringan public sebagai jaringan private secara aman melalui internet yang menggunakan perpaduan teknologi tunneling dan enkapsulasi. SNMP merupakan sebuah protokol yang didesain untuk memberikan kemampuan pengumpulan data manajemen perangkat jaringan dan pengkonfigurasian perangkat jaringan secara jarak jauh (remotely). Sistem operasi yang digunakan pada server administator adalah Linux Ubuntu 12.04. Linux Ubuntu merupakan distro linux yang stabil dan cukup handal. Dengan adanya aplikasi network traffic monitoring  pada  jaringan VPN dapat membantu pihak administrator untuk memantau lalu lintas data sehingga penggunaan internet lebih optimal.

References

Cisco Networking Academy Program (2001), Second-Year Companion Guide 2nd Edition, Cisco System Inc.

Wendy, Aris, dan Ramadhana, Ahmad SS (2005), Membangun VPN Linux Secara Cepat, Andi, Yogyakarta

Mansfield, Niall (2004), Practical TCP/IP : Mendesain, Menggunakan, dan TroubleShooting Jaringan TCP/IP di Linux dan Windows ( Jilid I), Andi , Yogyakarta.

Published
2015-06-23
How to Cite
Lizarti, N., & Agustin, W. (2015). Aplikasi Network Traffic Monitoring Menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) pada Jaringan Virtual Private Network (VPN). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 27-34. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.17