Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat dan Perangkat Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros

  • Mashud STMIK AKBA
  • Muhajirin STMIK AKBA
  • Suryadi Syamsu STMIK AKBA
  • Ramlah P AKBA
  • Andi Yulia Muniar STMIK AKBA
  • Asrul STMIK AKBA
Keywords: Desa ; Google Form ; Internet ; Pelatihan ; Perangkat Desa

Abstract

Desa merupakan sebuah perwujudan dari segi geografis, ekonomis, budaya, sosial dan politik yang terdapat di suatu daerah dan mempunyai hubungan timbal balik antar daerah lainnya. Data desa perlu dilakukan pembaharuan, sehingga kepala desa tidak keliru dalam menentukan arah perkembangan desa dan dapat mendeteksi permasalahan yang menghambat laju perkembangan masyarakat. Di era pandemi Covid 19 membuat pendataan jadi terhambat karena adanya pembatasan kontak langsung dengan masyarakat untuk mengumpulkan data. Google Form merupakan bagian dari mesin pencari atau google pada Internet yang paling  sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk pengumpulan data dan informasi. Dengan memanfaatkan fasilitas internet untuk memudahkan aparat desa dalam pengumpulan data yang cepat dan akurat, sehingga memudahkan pihak kepala desa dalam menentukan program untuk perkembangan dan pembangunan desa yang sesuai.

References

Azriya, N., Novalia, Sari, D., & Guntana. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat Dan Perangkat Desa Negara Saka Kabupaten Pesawaran Dalam Rangka Peningkatan Program Kerja Desa. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 355–360.

Bintarto, R. (1989). Interaksi Desa-Kota Dan Permasalahannya (3rd Ed.). Ghalia Indonesia.

Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Inovtek Polbeng - Seri Informatika, 2(1), 68–72. Https://Doi.Org/10.35314/Isi.V2i1.119

Junadhi, Susanti, Yenni, H., Zoromi, F., & Fatdha, T. S. E. (2021). Pelatihan Pengenalan Pemograman Android Untuk Pemula Pada Siswa - Siswi Smk N 2 Pekanbaru. J-Pemas Stmik Amik Riau, 2(1), 25–32.

Mashud, M., Rohayati, R., Wanita, F., Gatot, E., Darwis, I. T., & Paramita, P. (2021). Implementasi Program Aplikasi Rekapitulasi Pembayaran Spp Pada Smk Prima Tiara Makassar. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–33.

Mukharomah, E. (2021). Pelatihan Cara Mudah Dan Cepat Melakukan Evaluasi Dengan Pemanfaatan Google Form. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 4(1), 12–19.

Published
2021-08-31
How to Cite
Mashud, Muhajirin, Suryadi Syamsu, Ramlah P, Andi Yulia Muniar, & Asrul. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat dan Perangkat Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 37-44. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/J-PEMAS/article/view/738