Desain Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru SMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

  • Jufrida Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Prodi Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Wawan Kurniawan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
Keywords: Etnosains, kearifan lokal, pembelajaran sains

Abstract

Permasalahan kemerosotan moral dan karakter mengindikasi bahwa generasi muda kurang mengenal kearifan lokal dan jati diri bangsa. Pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan karakter pada siswa. Namun guru-guru SMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat masih mengalami kesulitan untuk mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui desain pembelajaran berbasis kearifan lokal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk workshop. Sasaran kegiatan yaitu guru SMP se Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tempat kegiatan di SMPN 1 Kuala Tungkal. Evaluasi program dilakukan dengan memberikan angket kepada peserta pelatihan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 80% peserta telah memahami tentang potensi kearifan lokal Jambi, pemetaan kompetensi dasar dan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran. Kegiatan ini juga menambah keterampilan guru, dimana 70%  peserta mampu merancang sekenario pembelajaran dan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran dilakukan dengan menjadikan kearifan lokal sebagai konteks untuk menemukan konsep sains.

References

Bakhtiar, D. 2016. Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Stm (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016. Univeristas Negeri Malang

Jufrida Dan Basuki, F. R. 2018. Model Outdoor Learning Berbasis Kearifan Lokal (Lokal Wisdom) Jambi Dan Tekno-Etno-Sains Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di Smp. Laporan Penelitian Lppm Universitas Jambi, Tidak Diterbitkan.

Jufrida Dan Basuki, F. R. 2018. Pengembangan Buku Ajar Ipa Berbasis Kearifan Lokal Jambi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Laporan Penelitian Lppm Universitas Jambi, Tidak Diterbitkan.

Jufrida Dan Basuki F. R. 2019. Implementasi Pembelajaran Ipa Terintegrasi Dengan Kearifan Lokal Jambi Terhadap Peningkatan Literasi Sains Dan Sikap Siswa. Laporan Penelitian Lppm Universitas Jambi, Tidak Diterbitkan.

Jufrida, Kurniawan, W., Basuki, F. R., Kurniawan, D. A. 2019. Pemetaan Kompetensi Dasar Dan Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Smp Di Kecamatan Jaluko. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Lppm Universitas Jambi, Tidak Diterbitkan.

Pamungkas, A., Subali, B., Lunuwih, S. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 3 (2), 118-127

Purwitasari, T., Sudarmin, & Lunuwih, S. 2016. Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Energi Dan Perubahannnya Bermuatan Etnosains Pada Pengasapan Ikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 1(2), 62-70

Sya’ban, M. F Dan Wilujeng, I. 2016. Pengembangan Ssp Zat Dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(1) Doi: Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i1.8369

Saefullah, A., Samanhudi, U., Nulhakim, L., Et. Al. 2017. Efforts To Improve Scientific Literacy Of Students Through Guided Inquiry Learning Based On Lokal Wisdom Of Baduy‟S Society. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Ipa, 3(2), 84-91

Saputra, A., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. 2016. Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2),182 –189

Setiawan1, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B & Sudarmin. 2017. The Development Of Lokal Wisdom-Based Natural Science Module To Improve Science Literation Of Students. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 6 (1), 49-54

Published
2021-08-02