Pemanfaatan Aplikasi Videoscribe dan 3D Based Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Pada SMK N 2 Pekanbaru
Abstract
Pemanfaatan teknologi dibidang pendidikan dinilai masih rendah dibandingkan dengan bidang lain seperti bidang industri, pertanian, transportasi dan komunikasi. Pembuatan media dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi menjadikan media lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang bisa dimanfaat adalah aplikasi Videoscribe dan aplikasi pemodelan 3 dimensi.Videoscribe adalah aplikasi untuk membuat media presentasi dalam bentuk animasi handdrawing dan hasilnya bisa dipublish ke Youtube agar bisa ditonton pada siswa, sedangkan pemodelan 3 dimensi menggunakan aplikasi paint 3D dan media publish model 3 dimensi pada Sketchfab.kegiatan ini dilakukan di SMK N 2 Pekanbaru dan ditujukan kepada para guru, kegiatan ini juga mendukung kondisi kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dari rumah karena pandemi Covid-19, sehinnga dibutuhkan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar dari rumah. Selama kegiatan dapat dilihat para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena sebelumnya belum pernah membuat media pembelajaran menggunakan Videoscribe dan pemodelan 3 dimensi, hasil yang diharapakan setelah kegiatan ini adalah para guru bisa membuat media pembelajaran menggunkan kedua media tersebut. Target capaian yang direncanakan telah tercapai, dibuktikan dengan para guru yang sudah bisa membuat media pembelajaran menggunakan videosribe dan pemodelan 3D
References
Massive Open Online Courses, 2019. http://mooc.seamolec.org
https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/suka-duka-belajar-online-saat-pandemi-corona-4477/
Diah Pebriyanti, Putu. (2020). Keunggulan dan kelemahan menggunakan metode pembelajaran e - learning