Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu

  • Rahmaddeni STMIK Amik Riau
  • T.Sy Eiva Fatdha STMIK Amik Riau
  • Susanti STMIK Amik Riau
  • Koko Harianto STMIK Amik Riau
Keywords: Multimedia kreatif, video animasi 3D, workshop

Abstract

Salah satu perkembangan multimedia yang kreatif terlihat dalam sebuah animasi 3D. Multimedia yang kreatif dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan. Pada dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak oleh siswa dalam mengembangkan minatnya. Objek yang menjadi tempat pelaksanaan workshop multimedia kreatif dalam pembuatan video animasi 3D yakni pada SMK Bina Insan Siak Hulu pada jurusan administrasi perkantoran. Alasan pemilihan jurusan ini dari beberapa jurusan yang ada disekolah tersebut karena dalam kurikulum bidang administrasi perkantoran, kompetensi yang dimilikinya salah satunya kemampuan dalam menyajikan presentasi yang menarik. Presentasi yang diberikan dengan dukungan multimedia yang kreatif dapat membantu memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa sendiri karena penggunaan media yang dapat mempermudah siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini berdampak positif kepada siswa sendiri karena memiliki skill yang lebih dari skill yang ada pada jurusan tersebut dan berdampak juga nantinya pada mutu lulusan sekolah SMK Bina Insan Siak Hulu.

References

Agus Aan Jiwa Permana, Putu Hendra Saputra, G. R. D. (2017). Pelatihan animasi 3 dimensi (3d) dan pemrograman scratch untuk siswa sekolah. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 112–119.
Akip Suhendar, A. F. (2016). Aplikasi Virtual tour Berbasis Multimedia. Jurnal ProTekInfo, 3(1), 30–35.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Elsom-Cook. M. (2001). Principles of interactive multimedia. London: McGraw Hill.
Published
2020-04-23
How to Cite
Rahmaddeni, T.Sy Eiva Fatdha, Susanti, & Harianto, K. (2020). Workshop Aplikasi Multimedia Kreatif dalam Pembuatan Video Animasi 3D pada SMK Bina Insan Siak Hulu. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 4-9. Retrieved from http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/J-PEMAS/article/view/590

Most read articles by the same author(s)