Pelatihan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Bidang Studi Pada SMAN 5 Pekanbaru Berbasis AI

  • Ibnu surya Politeknik Caltex Riau
  • Khairul Umam Syaliman Politeknik Caltex Riau
  • Erzi Hidayat Politeknik Caltex Riau

Abstract

Proses belajar mengajar adalah interaksi antara guru dan murid, yang diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang berlangsung dalam suatu lokasi dan jangka waktu tertentu. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan media pembelajaran dalam peyampaian materi agar siswa lebih memahami materi yang diberikan. Oleh sebab itu, usulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) kali ini yakni memberikan pelatihan kepada guru untuk membuat media pembelajaran dengan pendekatan kecerdasan buatan (AI). Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis AI dengan harapan dapat membantu para guru dalam menyiapkan materi atau bahan ajar pada bidang studi. Setelah dilaksanakan dan evaluasi kepada 54 responden dimana peserta diantaranya sebagian besar adalah para guru diperoleh hasil 34 dari 54 responden (63%) dapat meringankan dan membantu pekerjaan dalam membuat perangkat pembelajaran cepat dan akurat, 19 dari 54 responden (35%) dapat menambah pengetahuan, wawasan dan ilmu baru serta sisanya sekitar 2% masih jauh lebih baik merancang materi ajar sendiri sekalipun tidak menafikan perangkat kecerdasan buatan ini sebagai sesuatu yang baru dan bagus bagi para guru.

Published
2024-02-29
How to Cite
Ibnu surya, Syaliman, K. U., & Hidayat, E. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Bidang Studi Pada SMAN 5 Pekanbaru Berbasis AI. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v5i1.1104

Most read articles by the same author(s)